Kompas.com - 07/09/2022, 20:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengaku bahwa ada komunikasi yang terjalin dengan PDI Perjuangan soal safari politik Puan Maharani.

Namun, ia belum dapat memastikan apakah komunikasi itu bakal berujung pada pertemuan antara Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Yang kami tahu ada komunikasi, tapi apakah ini akan mengarah pada pertemuan dalam waktu dekat atau tidak, kami masih belum tahu,” tutur Herzaky saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (7/9/2022).

Herzaky mengatakan, komunikasi antara kedua partai politik (parpol) itu terus terjalin. Sebab, saling bertemu dan bersinggungan di Parlemen.

“Kan Mbak Puan juga ada di Parlemen, Ketua Fraksi ya Pak Utut juga kita komunikasi,” katanya.

Baca juga: Demokrat Sebut Punya Kesamaan Pandang dengan Nasdem dan PKS soal Capres-Cawapres

Herzaky lantas menegaskan soal keputusan pertemuan ada di tangan PDI Perjuangan dan Puan Maharani.

Ia menegaskan, Demokrat tidak dalam posisi menentukan apakah pertemuan tersebut dapat berlangsung.

“Kan enggak mungkin dong kami yang bilang, ’ketemu dong’, kan enggak. Yang akan ada pertemuan kan Mbak Puan, silahkan itu kan haknya juga Mbak Puan mau bertemu siapa atau kapan. Bisa bertemu terbuka, (atau) tertutup, itu pilihan,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Utut Andianto menyampaikan safari politik Puan ditargetkan berakhir pada Oktober 2022.

Nantinya, setelah Puan menemui berbagai ketua umum parpol lain, hasilnya bakal dilaporkan ke Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Baca juga: Soal Pertemuan Prabowo-Puan, Dasco: Sulit Dikatakan Sudah Berkoalisi

“Kita bisa merangkum peta politik nasional untuk kita laporkan pada Ibu Ketua Umum,” ujar Utut ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Tercatat, Puan Maharani baru menemui Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Pertemuan dengan Surya Paloh berlangsung di Nasdem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta, 22 Agustus 2022.

Sementara itu, perjumpaan dengan Prabowo dilaksanakan di kediaman mantan Danjen Kopassus itu di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/9/2022).

Safari politik Puan Maharani disebut sebagai perintah dari ibunya, Megawati Soekarnoputri.

Baca juga: Pengamat: Pertemuan Prabowo-Puan Akan Pengaruhi Dinamika Koalisi yang Sudah Terbentuk

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.