Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: PAN Gabung Pemerintah, Mari Pikirkan Strategi Kemajuan Bangsa

Kompas.com - 27/08/2022, 21:26 WIB
Dian Erika Nugraheny,
Krisiandi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada acara puncak rapat kerja nasional (rakernas) Partai Amanat Nasional (PAN) yang digelar di Istora Senayan Jakarta, Sabtu (26/8/2022) malam.

Dalam sambutan yang disampaikan melalui taping video tersebut, Presiden mengajak PAN untuk ikut memikirkan kemajuan bangsa.

"Saat ini PAN telah resmi bergabung menjadi bagian dari pemerintah. Mari kita bersama-sama memikirkan strategi, memikirkan langkah dan kebijakan-kebijakan yang akan membawa kemajuan lebih pada bangsa kita Indonesia," tutur Jokowi.

Baca juga: PAN Akan Ajak Golkar dan PPP Bahas Kandidat Capres-Cawapres Hasil Rakernas

"Dan melalui Rakernas III PAN ini menjadi momentum bagi para fungsionaris dan kader PAN untuk turut memperkokoh persatuan di antara anak bangsa. Keragaman dan perbedaan bukanlah menjadi penghalang utuk kita bekerja," tegasnya.

Selain itu, Presiden meminta PAN ikut memperkokoh budaya demokrasi yang berkualitas dalam Pemilu 2024 mendatang.

Jokowi meminta PAN tidak memberi ruang kepada politik sektarian yang merugikan bangsa.

"Saya berharap dalam menghadapi perhelatan besar pemilu dan pilkada 2024 PAN ikut merawat dan memperkokoh budaya demokrasi yang berkualitas, demokrasi gagasan dan ide, dan menjadi angin yang menyejukkan dan langit biru yang meneduhkan," tegasnya.

"Merangkul kebinekaan, tidak memberi ruang pada politik sektarian yang memecahbelah bangsa kita serta turut menjaga keutuhan NKRI," lanjut Jokowi.

Terakhir, Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat ulang tahun ke-24 bagi PAN. Peringatan HUT PAN jatuh pada 23 Agustus 2022.

Baca juga: Zulhas Sebut Ada 11 Nama Diusulkan Rakernas PAN Jadi Capres 2024

"Semoga PAN senantiasa konsisten mengedepankan perubahan dan memperjuangkan kepentingan rakyat.

Selamat melaksananan rapat ketiga dan semoga berjalan lancar dan produktif," tambah Kepala Negara. Adapun rakernas PAN kali ini mengambil tema "Birukan Langit Indonesia".

Dalam rakernas telah dikerucutkan sejumlah nama yang menjadi kandidat capres dan cawapres Pemilu 2024. Nama-nama itu segera diumunkan oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com