Kompas.com - 23/08/2022, 12:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengatakan, perkembangan revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah mencapai 98 persen dan segera dibuka untuk masyarakat.

"Ini sudah 98 persen, sebentar lagilah selesai langsung bisa dinikmati oleh masyarakat kembali," kata Jokowi kepada wartawan di TMII, Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Jokowi menuturkan, revitalisasi TMII yang menghabiskan anggaran Rp 1,1 triliun ini merupakan renovasi besar-besaran yang pertama kali dilakukan sejak TMII dibuka pada era pemerintahan Presiden Suharto.

Selain revitalisasi yang dilakukan pemerintah, Jokowi juga meminta pemerintah provinsi untuk memperbaiki anjungan masing-masing daerah yang sudah rusak agar terlihat baru.

Baca juga: Pemerintah Minta Pemda Patungan untuk Revitalisasi TMII

"Sebagian provinsi sudah mulai merenovasi dan membangunnya, kita harapkan di akhir tahun ini semuanya selesai," ujar Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo itu berharap, setelah revitalisasi rampung, TMII akan menjadi tujuan wisata turis domestik dan mancanegara.

Untuk itu, ia meminta agar pengelola mengadakan kegiatan seni budaya secara rutin di setiap anjungan ataupun panggung terbuka sebagai hiburan bagi masyarakat, terutama anak-anak.

"Saya titip pesan juga, tarifnya jangan mahal-mahal, rakyat harus bisa tetap menikmati TMII ini," kata Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.