Kompas.com - 20/08/2022, 06:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menceritakan pengalamannya saat memimpin upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 RI di Pondok Pesantren (ponpes) Al Mukmin, Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, pada Rabu (17/8/2022) lalu.

Muhadjir mengatakan, pihak ponpes-lah yang mengundang dirinya untuk menjadi inspektur upacara.

"Ya, biasa lah alhamdulillah ini kan upacara HUT RI pertama kali di Ngruki. Kemudian saya diundang untuk pimpin jadi inspektur upacara," ujar Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (19/8/2022).

Baca juga: Menyemai Nasionalisme di Ngruki…

Saat mendapat undangan itu, Muhadjir terlebih dulu meminta izin kepada Presiden Joko Widodo. Sebab, di hari yang sama dirinya selaku anggota Kabinet Indonesia Maju diwajibkan mengikuti upacara di Istana Merdeka.

Presiden Jokowi lantas memberikan izin agar Muhadjir bisa memimpin upacara di Ngruki.

"Presiden sudah izinkan. Ya saya mimpin dan alhamdulillah semua lancar. Terima kasih dukungan dari Pangdam, Kapolda yang mengirimkan staf untuk ikut bantu. Latihannya hanya 4 hari baris berbaris. Dan saya lihat santrinya bagus untuk ukuran itu (langsung bisa baris berbaris untuk upacara)," tuturnya.

Baca juga: Pertama sejak Berdiri, Ponpes Al Mukmin Ngruki yang Didirikan Abu Bakar Baasyir Gelar Upacara Bendera 17 Agustus

Muhadjir kemudian mengungkapkan, kondisi Ponpes Al Mukmin saat ini sudah banyak berubah.

Utamanya sikap pimpinan ponpes tersebut, Abu Bakar Ba'asyir, yang sudah secara terbuka mengungkapkan dukungan kepada ideologi Pancasila.

"Saya kira perubahan sangat drastis itu. Bahkan saya juga kaget bahwa ternyata beliau atas keinginan sendiri ikut upacara," kata Muhadjir.

"Tidak kita suruh lho, beliau betul-betul ingin. Walau beliau tak bisa berdiri lama karena harus duduk tapi beliau ingin hadir sendiri dan waktu kita nyanyi lagu indonesia raya beliau juga sama-sama, ini suatu hal bagus," jelasnya.

Baca juga: Muhadjir: 2023 Tak Bisa Lagi Berlonggar-longgar Anggaran, Sasaran Bansos Akan Dipertajam

Mantan Mendikbud itu pun berharap perubahan tersebut membuat Ponpes Al Mukmin semakin terbuka.

"Dan stigma negatif akan sgera hilang dan nanti tanggal 21 nanti hari Minggu saya akan ke sana lagi untuk beri pengarahan ke alumni karena ada temu akbar alumni Ngruki," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Abu Bakar Ba'asyir mengikuti upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 Indonesia di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu.

Tampak Ba'asyir hadir dengan mengenakan baju serba putih, sarung cokelat muda, berkaca mata dan menggenggam tongkat.

Baca juga: Menko Muhadjir Kaji Kemungkinan Ganti Rugi bagi Peternak yang Terimbas PMK

Pendiri Ponpes Al Mukmin Ngruki itu tampak serius dan khidmat mengikuti upacara

"Baru kali ini (upacara 17 Agustus) sejak (pondok) berdiri," kata Ba'asyir seusai mengikuti upacara bendera merah putih peringatan 17 Agustus di halaman pondok, Rabu.

Ba'asyir tampak duduk di barisan depan bersama deretan Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Achiruddin, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi dan tamu undangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.