Kompas.com - 19/08/2022, 20:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - TNI Angkatan Laut akan menggelar latihan Armada Jaya dengan melibatkan semua alat utama sistem persenjataan (alutsista) di Perairan Dabo Singkep, Kepulauan Riau, pada September 2022.

Armada Jaya merupakan latihan puncak TNI AL yang menguji kemampuan komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) dengan melibatkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), pesawat udara, marinir, hingga pangkalan.

Baca juga: Kenang Jasa Pahlawan, TNI AL Gelar Doa Bersama di Laut Jakarta

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan, latihan ini untuk menguji kesiapan, kekuatan, dan kemampuan dalam doktrin operasi gabungan yang melibatkan empat unsur dari SSAT.

“Semuanya memiliki tugas di dalam doktrin operasi gabungan TNI. Sehingga empat-empatnya ini akan luncur,” ujar Yudo kepada awak media usai doa bersama di KRI Semarang-594 di Jakarta, Jumat (19/8/2022).

Sebagai informasi, dalam unsur KRI terdapat armada kapal selam TNI AL.

Baca juga: Momen TNI AL Serentak Kibarkan Bendera Merah Putih di 77 Titik Bawah Laut

Dalam latihan Armada Jaya tersebut ini juga TNI AL akan mengerahkan kapal selamnya untuk menguji kesiapan dan kekuatannya.

Selain itu, latihan ini juga akan digelar penembakan senjata strategis TNI AL.

Yudo menambahkan, TNI AL hingga kini terus mempersiapkan pelaksanaan latihan tersebut.

“Sudah kita siapkan dari sekarang. Mungkin nanti pada medio September akan kita laksanakan latihan sesuai dengan sistem pembinaan latihan di Angkatan Laut,” imbuh dia.

Baca juga: TNI AL Resmikan Kapal Rumah Sakit KRI dr Radjiman

Pada tahun lalu, latihan Armada Jaya 2021 diikuti unsur Komando Tugas Laut Gabungan (Kogaslagab), Komando Tugas Gabungan Amfibi (Kogasgabfib), Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasbagratmin), dan Komando Tugas Gabungan Pertahanan Pantai (Kogasgabhantai).

Rangkaian latihan Armada Jaya dilaksanakan hampir satu bulan dengan tujuan untuk melatih dan meningkatkan profesionalisme prajurit matra laut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.