Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pemilu 2024, Jokowi: Jangan Ada Lagi Politik Identitas dan Politisasi Agama

Kompas.com - 16/08/2022, 11:16 WIB
Ardito Ramadhan,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo berpesan agar tidak ada lagi praktik politik identitas maupun politisasi agama pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Ia mengatakan, demokrasi di Indonesia harus semakin dewasa dengan memperkuat konsolidasi nasional supaya tidak ada lagi polarisasi di tengah masyarakat.

"Saya ingatkan, jangan ada lagi politik identitas. Jangan ada lagi politisasi agama. Jangan ada lagi polarisasi sosial," kata Jokowi saat berpidato di Sidang Tahunan MPR, Selasa (16/8/2022).

"Demokrasi kita harus semakin dewasa. Konsolidasi nasional harus diperkuat," sambungnya.

Baca juga: Berebut Restu Jokowi Menuju Pemilu Presiden 2024...

Jokowi menyampaikan terima kasih kepada para ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh kebudayaan yang telah berkontribusi memperkokoh fondasi kebangsaan serta merawat persatuan dan kesatuan nasional.

Jokowi pun menegaskan, tahapan Pemilu yang sedang dipersiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus didukung sepenuhnya.

"Saya juga mengharapkan dukungan dari semua lembaga negara untuk menjaga dan membangun demokrasi di negeri tercinta ini, untuk memperkokoh ideologi bangsa," ujar Jokowi.

Seperti diketahui, Pemilu 2024 akan digelar pada 14 Februari 2024 di mana pemilihan presiden, anggota DPR, anggota DPD, dan anggota DPRD akan dilakukan secara serentak pada hari yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com