Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpora Minta Ketum PSSI Bina Timnas U-16 supaya Berprestasi hingga Tingkat Senior

Kompas.com - 15/08/2022, 22:55 WIB
Ardito Ramadhan,
Icha Rastika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali meminta Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan agar terus membina skuad Tim Nasional U-16 yang menjuarai Piala AFF U-16 2022 pada pekan lalu.

Zainuddin mengatakan, skuad asuhan Bima Sakti itu mesti terus dibina supaya mereka dapat berkiprah dan berprestasi hingga tingkat senior.

"Saya sudah bicara dengan Ketum PSSI Pak Moch Iriawan untuk kita konsentrasi bina mereka karena ini yang kita harapkan nanti menjadi pengisi U-20 nanti bahkan mungkin U-23 sampai ke senior," kata Zainuddin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (15/8/2022).

Baca juga: Skuad Timnas U-16 Bakal Ikuti Upacara Peringatan Proklamasi di Istana

Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, menurut Zainuddin, kemampuan tim nasional di usia 16 tahun yang sudah baik dan mencetak prestasi biasanya tidak dibina secara serius.

Akibatnya, mereka yang meraih gelar juara di tingkat kelompok umur tidak bisa melanjutkan kiprah hingga tingkat senior, padahal mereka punya potensi yang baik.

"Makanya kita tentu dengan PSSI sebagai federasi kita akan cari cara supaya mereka tetap terbina terus sampai, saya berharapnya sampai dia pemain senior," kata dia.

Menurut Zainuddin, pembinaan itu setidaknya harus berjalan selama 8-10 tahun hingga pemain-pemain yang kini berusia di bawah 16 tahun mencapai performa puncaknya di usia 20-an.

Ia mengatakan, skuad Timnas U-16 memikul harapan karena sudah menunjukkan kengototan, kekompakan, maupun teknik yang baik.

Baca juga: Final Piala AFF U-16, Wejangan Fakhri Husaini Jelang Partai Pamungkas

Akan tetapi, ia mengingatkan bahwa mereka adalah timnas kelompok umur sehingga tidak boleh dibebani harapan yang terlalu besar selayaknya skuad tim nasional senior.

"Mudah-mudahan mereka akan terjaga, belum terganggu dengan berbagai hal yang akhirnya membuat mereka menjadi menurun prestasinya," ujar Zainuddin.

Timnas U16 Indonesia menjadi juara Piala AFF U16 2022 setelah mengalahkan Vietnam pada partai finaldi Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8/2022) dengan skor 1-0.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com