Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

68 Paskibraka Dikukuhkan Jokowi, Menpora: Semoga Bertugas dengan Baik

Kompas.com - 15/08/2022, 20:26 WIB
Ardito Ramadhan,
Krisiandi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali berharap, Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka) yang telah dikukuhkan Presiden Joko Widodo dapat menjalankan tugas dengan baik dalam upacara pada Rabu (17/8/2022) lusa.

"Mudah-mudahan anak-anak kita bisa bertugas dengan baik sebagaimana tahun-tahun sebelumnya dan mereka dalam kondisi yang sehat dan fit," kata Zainuddin usai acara pengukuhan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (15/8/2022).

Zainuddin menyoroti masalah kesehatan Paskibraka karena mereka telah melalui proses seleksi dari tingkat kabupaten hingga nasional.

Baca juga: Cerita Bhakti dan Nazla, Haru Biru Jadi Paskibraka Jabar, Titian Menuju Dunia Militer

Paskibraka itu pun telah menjalani proses latihan selama satu bulan di Jakarta.

"Mudah-mudahan mereka tidak ada masalah apa-apa terutama soal kesehatan. Jadi pada saat bertugas baik yang bertugas di pagi maupun di sore hari semuanya dalam keadaan fit," kata Zainuddin.

Ia melanjutkan, proses persiapan Paskibraka tingkat nasional pun tidak berubah meski kini ditangani Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), bukan lagi oleh Kemenpora.

"Baik Kemenpora maupun BPIP itu hanya memfasilitasi, tetapi pelatihannya itu langsung ditangani oleh Garnisun jadi tidak ada perubahan apa-apa," ujar Zainuddin.

Diberitakan sebelumnya Presiden Joko Widodo mengukuhkan 68 orang anggota Paskibraka tingkat pusat di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin sore.

Pengukuhan tersebut dilakukan dalam upacara yang dipimpin oleh salah satu paskibraka asal DKI Jakarta, Savina Fasha.

Sebelum dikukuhkan, para paskibraka tersebut mengucapkan Ikrar Pemuda Indonesia yang dipimpin oleh Kepala BPIP Yudian Wahyudi.

Baca juga: Jokowi Kukuhkan Paskibraka yang Akan Bertugas pada Upacara 17 Agustus

Setelahnya, disampaikan pernyataan pengukuhan oleh Presiden Joko Widodo selaku pembina upacara.

"Dengan memohon ridho Allah SWT pada hari ini saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai pasukan pengibar bendera pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2022," ujar Jokowi.

"Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara. Jakarta 15 Agustus 2022, Presiden RI, Joko Widodo," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com