Kompas.com - 08/08/2022, 18:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Perlindungan Saksi Korban (LPSK) menjadwalkan pemeriksaan istri Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo atau Putri Candrawathi, besok, Selasa (9/8/202).

Wakil Ketua LPSK Edwin mengatakan, pemeriksaan itu akan digelar di kediaman Putri, sekitar pukul 10.00 WIB.

"Kami punya kesepakatan besok jam 10 pagi kami akan melakukan asesmen (psikologi untuk Putri) di rumah kediamannya," ujar Edwin saat ditemui di Kantornya, Ciracas, Jakarta Timur, Senin (8/8/2022).

Baca juga: Kasus Brigadir J, Irjen Ferdy Sambo Bisa Dipecat Jika Terbukti Langgar Etik

Sementara itu, Juru Bicara LPSK Rully Novian mengatakan, pemeriksaan ini dilakukan di kediaman Putri, karena kasus yang sedang ditangani adalah pelecehan seksual.

Dia mengatakan, perlakuan LPSK untuk melakukan asesmen di rumah korban kekerasan seksual merupakan prosedur yang lumrah.

"Semua korban kekerasan seksual, korban perdagangan orang, LPSK melakukan treatment yang sama. Jika ada potensi mengalami trauma maka LPSK akan datang ke tempat itu atau memilih tempat yang paling nyaman bagi para korban," ujar Rully.

Baca juga: Publik Diminta Tak Berspekulasi soal Dugaan Pelecehan Seksual Istri Ferdy Sambo

Sebelumnya, asesmen psikologi untuk Putri dijadwalkan pada Senin (1/8/2022) pekan lalu di Kantor LPSK. Namun, Putri tidak hadir dengan alasan masih mengalami trauma.

Asesmen psikologi tersebut merupakan salah satu persyaratan yang diminta oleh LPSK atas pengajuan perlindungan yang dilakukan Putri terkait dugaan kasus pelecehan seksual yang dilakukan Brigadir J atau Nofriansyah Yoshua Hutabarat.

Putri bersama Bharada Eliezer mengajukan perlindungan ke LPSK pada 14 Juli 2022 atau sepekan setelah peristiwa kematian Brigadir J terjadi di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.