Kompas.com - 04/08/2022, 10:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan bahwa 8 dari 11 partai politik (parpol) yang mendaftarkan diri sebagai calon peserta Pemilu 2024, telah lengkap pemberkasannya.

Partai teranyar yang berkasnya dinyatakan lengkap adalah Partai Garuda. Partai ini mendaftarkan diri kemarin, Rabu 3 Agustus. 

"Seluruh dokumen partai Garuda yang diserahkan kepada kami melalui melalui aplikasi Sipol atau yang diunggah ke dalam aplikasi Sipol itu dinyatakan lengkap," ujar Koordinator Divisi Teknis KPU RI Idham Holik kepada wartawan, Kamis (4/8/2022).

Baca juga: Temui KPU, Partai Buruh Keluhkan Mekanisme Sipol

Berkas pendaftaran Partai Garuda bakal masuk tahapan verifikasi administrasi mulai hari ini.

Sementara itu, 7 partai lainnya telah lebih dulu dinyatakan lengkap. KPU sudah menggulirkan verifikasi administrasi bagi 7 partai tersebut yang terdiri dari PDI-P, PKP, PKS, Perindo, Nasdem, PBB, dan PKN.

Sejauh ini, sudah 11 partai mendaftarkan diri ke KPU RI sebagai calon peserta Pemilu 2024.

Dengan data ini, maka 3 partai lain belum dinyatakan lengkap berkas pendaftarannya, yaitu Partai Reformasi, Prima, dan Pandai, sejak Selasa (2/8/2022).

Baca juga: KPU: Berkas Pendaftaran PKN sebagai Parpol Calon Peserta Pemilu 2024 Lengkap

Mereka diberi tenggat melengkapi dokumennya hingga periode pendaftaran ditutup pada 14 Agustus 2022.

"Kami mendapat info bahwa partai tersebut akan melengkapi dokumennya, dan kami sampaikan tanggal 14 Agustus 2022 jam 23.59 WIB batas akhir masa pendaftaran dan kami sampaikan sebaiknya sebelum rentang waktu tersebut," ujar Idham, Selasa lalu

"Pendaftaran parpol itu harus lengkap. Dokumennya harus lengkap, baru kami bisa lanjutkan ke tahap selanjutnya, verifikasi administrasi," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.