Kompas.com - 17/07/2022, 13:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melepas keberangkatan jemaah haji asal Indonesia pulang ke Tanah Air. Hal ini dilakukan di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi, Minggu (17/7/2022).

Yaqut mengaku bersyukur para jemaah haji Indonesia dapat menyelesaikan proses pelaksanaan haji dengan lancar.

"Pertama adalah ucapan syukur. Ucapan syukur bahwa bapak ibu sekalian sudah melampaui, sudah melalui proses ibadah fisik, ibadah haji dalam keadaan sehat, dalam keadaan nyaman, tenang dan insya Allah semuanya mendapatkan predikat haji mabrur," kata Yaqut berdasarkan laporan jurnalis Kompas TV Nitia Anisa, Minggu.

Baca juga: Jemaah Haji Kedapatan Bawa Air Zam-zam, Kopernya Dibongkar

Kedua, Yaqut menyampaikan permohonan maaf mewakili pemerintah, jika terjadi hal-hal yang kurang berkenan bagi jemaah dalam pelayanan pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Dia pun berjanji, ke depannya pemerintah akan melaksanakan ibadah haji dengan lebih baik.

"Kami akan terus melakukan perbaikan sehingga para tamu Allah dalam melaksanakan ibadahnya menjadi semakin tenang, nyaman dan khusyuk," ucapnya.

Lebih lanjut, Yaqut juga menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada seluruh jemaah haji yang akan kembali ke Tanah Air.

Presiden Jokowi, kata Yaqut, berharap jemaah haji untuk selalu mendoakan negara Indonesia.

"Saya menyampaikan salam beliau (Jokowi) kepada bapak ibu sekalian dan keluarga nanti di rumah. Tolong disampaikan," tutur mantan anggota DPR itu.

Baca juga: Keluhkan Fasilitas Masyair Haji 2022, Menag: Bayar Rp 1,4 Triliun, Menu Makanan Buncis, Kasur Tipis

Selain itu, Yaqut juga mengingatkan jemaah terkait air zam-zam yang tidak boleh dibawa lebih dari 5 liter.

Menurutnya, meski demikian jemaah haji tidak perlu khawatir. Sebab, pemerintah Indonesia akan menyiapkan air zam-zam tambahan setiba di Tanah Air.

"Kalau zam zam jangan khawatir, insha Allah kita nanti disiapkan, sudah disiapkan zam zam tidak ada yang kekurangan. Kalau ada yang enggak dapat, nanti komplain saya ke kementerian agama setempat. Kalau ada yang enggak dapat datangi kementerian agama minta zam-zam," kata Yaqut.

"Sekali lagi selamat jalan dan saya juga mendoakan semoga apa yang bapak ibu sekalian di sini dalam proses beribadah pahalanya dilipatgandakan. Selamat jalan bapak ibu sekalian," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.