Kompas.com - 14/07/2022, 14:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Letnan Dua (Letda) Rafi Naufal Afriansyah merupakan taruna peraih Adhi Makayasa 2022 dari Akademi Militer (Akmil).

Rafi telah dilantik menjadi seorang perwira remaja bersama 291 perwira lainnya dari Akmil oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Setidaknya terdapat sejumlah aspek yang membuatnya diganjar Adhi Makayasa, di antaranya karena keunggulan dalam pengetahuan, keterampilan, kepribadian, dan jasmani.

Baca juga: Dilantik Jokowi, Ini 4 Perwira TNI-Polri Peraih Adhi Makayasa 2022

Rafi menjadi yang terbaik tidak hanya ketika menyelesaikan semua pendidikan di Lembah Tidar, tetapi ketika dinyatakan lulus masuk ke Akmil, ia juga menyandang taruna terbaik.

“Alhamdulillah pada saat tes itu bisa meraih peringkat pertama pada saat masuk ke Akademi Militer dan sampai sekarang saya masih bisa konsisten menjadi yang terbaik,” kata Rafi saat ditemui di Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Kamis siang.

Pria kelahiran Yogyakarta, 19 Mei 2000 itu pun bangga bisa meraih prestasi ini. Menurutnya, prestasi ini bisa membuat kedua orangtuanya bangga.

Baca juga: Pesan Prabowo ke Taruna Akmil: Jangan Sia-siakan Usia Mudamu, Kalian Dibutuhkan Negara!

Apalagi, latar belakang keluarga Rafi sama sekali bukan dari kalangan militer. Keduanya orangtuanya merupakan warga sipil.

Karena pencapaian inilah ia bisa mengantarkan kedua orangtuanya masuk ke gerbang Istana Negara dalam proses pengukuhannya sebagai perwira remaja.

“Alhamdulillah bisa membanggakan kedua orangtua saya, bisa membawa kedua orangtua saya ke Istana Negara, jadi saya sangat bangga,” ucap Rafi.

Baca juga: TNI AD Buka Rekrutmen Taruna Akmil Tahun 2022 untuk Lulusan SMA/MA

Kini, setelah dilantik menjadi perwira, Rafi akan mendapatkan waktu cuti. Setelah itu, ia akan kembali menjalani pendidikan untuk menjadi perwira pelatih.

Setelah itu, Rafi akan mendapatkan baru mendapatkan tempat penugasan. Rafi mengaku siap ditempatkan di mana saja.

“Siap, pasti (siap) di mana pun saya ditempatkan di mana saja,” jelas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.