Kompas.com - 06/07/2022, 14:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil survei Political Weather Station (PWS) menunjukkan, mayoritas responden merasa puas dengan kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Saat ini mayoritas publik sebanyak 62,8 persen mengaku puas atau sangat puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf," kata peneliti PWS Mohammad Tidzi AM dalam acara rilis survei, Rabu (6/7/2022).

Baca juga: Survei Litbang Kompas: Citra Polisi Terus Menurun, Apa Penyebabnya?

Tidzi menyebutkan, sebanyak 23,5 responden lainnya menyatakan kurang atau tidak puas dengan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf, sedangkan 9,7 persen responden menjawab tidak tahu.

Menurut Tidzi, angka kepuasan ini cenderung turun dibandingkan hasil survei pada Januari 2022, di mana kepuasan publik terhadap pemerintah berada di angka 65,8 persen.

"Ini berdampak karena beberapa persoalan perekonomian," ujar Tidzi.

Baca juga: Mahfud MD Tak Persoalkan Menurunnya Kepuasan Publik pada Kinerja Jokowi-Maruf

Survei PWS ini juga menunjukkan masalah ekonomi menjadi isu yang paling dinilai mendesak oleh responden.

"Mereka yang hanya bisa menyebut masalah ekonomi saja, tidak secara spesifik masalahnya apa, itu sebesar 23,5 persen. Jadi yang ada di benak masyarakat saat ini kita ini sedang kesulitan ekonomi," kata Tidzi.

Baca juga: Survei SMRC: 76,7 Persen Responden Puas atas Kinerja Jokowi

Adapun masalah lain yang dianggap mendesak oleh publik antara lain mahalnya harga sembako (17,1 persen responden), minyak goreng (13,5 persen), kenaikan harga bahan bakar minyak (10,5 persen), dan lapangan kerja (10,4 persen).

Survei ini dilaksanakan pada 15-28 Juni 2022 di 34 se-Indonesia terhadap 1.420 responden dengan wawancara tatap muka yang dipilih melalui teknik multistage random sampling.

Survei ini memiliki margin of error +/- 2,6 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.