Kompas.com - 05/07/2022, 21:01 WIB

MAKKAH, KOMPAS.com - Tim Klinik Kesehatan Haji Indonesia Kementerian Kesehatan mulai menggencarkan kampanye menjaga kesehatan kepada seluruh jemaah haji Indonesia menjelang ibadah puncak pada Jumat (8/7/2022) mendatang.

Menurut Kepala Pusat Kesehatan Haji dr. Budi Sylvana, MARS, mengimbau supaya para jemaah haji Indonesia supaya tidak stres guna menghindari kambuhnya penyakit bawaan menjelang ibadah puncak.

"Agar Jemaah tidak lelah dan stres. Hal ini bisa memicu kekambuhan penyakit. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan istirahat," kata Budi dalam keterangan pers Kementerian Kesehatan, Selasa (5/7/2022).

Budi mengatakan, semua petugas kesehatan mengkampanyekan supaya jemaah haji beristirahat 3 hari menjelang ibadah puncak di kawasan Arafah Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

Baca juga: Penuhi Undangan Raja Salman, Wapres Bertolak ke Arab Saudi untuk Ibadah Haji

Menurut Budi, hal itu dilakukan mengingat 63 persen jemaah haji Indonesia merupakan kategori risiko tinggi (risti).

Maka dari itu mereka perlu menghemat energi untuk dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji secara maksimal dan dengan prima di Armuzna.

"Paling tidak 3 hari sebelum Armuzna, jemaah perbanyak istirahat di hotel, pastikan stamina dan kesehatan terjaga sebelum puncak haji," imbau Budi.

Di dalam kampanye kesehatan pada jemaah haji Indonesia itu, para tenaga kesehatan mengimbau supaya mereka cukup beristirahat dan tidak terlampau sering berkegiatan di luar hotel.

Koordinator Promosi Kesehatan Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), dr. Edi Supriyatna mengatakan, kampanye itu terus dilakukan hingga para jemaah melaksanakan ibadah puncak haji.

Baca juga: Kemenag: Pengelolaan Visa Haji Mujamalah Kewenangan Arab Saudi

"Materi promosi fokus pada minum jangan tunggu haus, minum air dicampur elektrolit (oralit), pemeriksaan kesehatan jemaah haji yang memiliki penyakit komorbid, penggunaan masker dan payung agar terhindar dari sengatan matahari, berhenti merokok dan penyesuaian aktivitas untuk menghindari kelelahan terus kita gaungkan," ujar Edi.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.