Kompas.com - 05/07/2022, 20:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil presiden Ma'ruf Amin mengimbau seluruh sumber daya manusia di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menghapus pola pikir bahwa mereka akan diselamatkan jika berkinerja buruk atau diterpa kasus.

"Tinggalkan mindset bahwa BUMN akan selalu diselamatkan apabila berkinerja buruk atau berkasus," kata Ma'ruf saat memberikan sambutan dalam acara Akhlak Award BUMN 2022, Selasa (5/7/2022), dikutip dari keterangan video.

Ma'ruf mengatakan, jika pemikiran itu terus melekat, perusahaan pelat merah dapat mengalami keruntuhan yang dapat berujung pada buruknya layanan bagi masyarakat dan perekonomian negara.

Baca juga: BUMN: Pengertian, Sifat Usaha, dan Bentuknya

Selain itu, Ma'ruf juga berpesan agar BUMN menyiapkan mental adaptif dan menciptakan resiliensi supaya mampu bertahan di tengah ancaman disrupsi dan perubahan dunia, serta tidak terjebak di zona nyaman.

"BUMN selayaknya terus meng-upgrade dirinya seiring dengan kemajuan zaman, hingga berhasil mewujudkan cita-cita BUMN Indonesia yang mendunia," ujar Ma'ruf.

Ia juga mendorong BUMN untuk menjadikan filosofi AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) untuk terus berkarya dan berinovasi melayani rakyat.

Baca juga: Sejumlah BUMN Bakal Diguyur PMN, Ini Rincian yang Disetujui Komisi VI DPR

"AKHLAK BUMN sebagai core value seyogianya menjadi pijakan untuk naik kelas, serta modal untuk menang dalam berkompetisi," kata dia.

Ma'ruf menambahkan, Presiden Joko Widodo juga telah mengarahkan agar BUMN menerapkan efisiensi di smeua lini serta mengedepankan pemanfaatan produk dalam negeri.

Di samping itu, BUMN juga perlu mendorong percepatan inklusitivitas ekonomi digital untuk meningkatkan pertumbuhan dan kemakmuran masyarakat secara inklusif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.