Kompas.com - 05/07/2022, 13:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian batal melantik Achmad Marzuki sebagai penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Selasa (5/7/2022) sore di Jakarta.

Stafsus Tito, Kastorius Sinaga, mengungkapkan bahwa pelantikan bakal berlangsung besok, Rabu (6/7/2022) di Aceh.

"Bapak Mendagri Tito Karnavian akan melantik Achmad Marzuki sebagai PJ Gubernur Aceh. Pelantikan akan dilakukan di hadapan Ketua Mahkamah Sya'riah Aceh dalam Rapat Paripurna DPR Aceh, besok," kata Kasto saat dikonfirmasi.

Kasto mengatakan, surat pemberitahuan pelaksanaan pelantikan Pj Gubernur Aceh ini telah dikirim Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro ke Ketua DPR Aceh.

Baca juga: Meneropong Pengangkatan Penjabat Kepala Daerah

Selain itu, Kasto juga menegaskan bahwa Achmad Marzuki yang terakhir berpangkat mayor jenderal TNI AD itu kini berstatus purnawirawan.

"Bapak Achmad Marzuki telah pensiun dini dari TNI. Kemarin siang beliau telah dilantik sebagai staf ahli Mendagri Bidang Hukum dan Kesatuan Bangsa," jelasnya.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman membenarkan Marzuki sudah pensiun.

"Pensiun dini, empat hari lalu," kata Dudung. 

Achmad Marzuki merupakan abituren Akademi Militer 1989, satu tingkat di bawah Dudung Abdurachman.

Pada 25 Maret lalu namanya masuk ke dalam salah satu perwira tinggi TNI AD yang dimutasi oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Baca juga: Sore Ini, Mendagri Lantik Mayjen (Purn) Achmad Marzuki sebagai Penjabat Gubernur Aceh

Marzuki yang saat itu menjabat sebagai Asisten Teritorial KSAD dimutasi menjadi Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Kewaspadaan Nasional Lemhanas.

Mutasi itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/271/III/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI, yang ditandatangani dan berstempel Kepala Sekretariat Umum Brigjen TNI Edy Rochmatullah pada 25 Maret 2022.

Di Aceh, Achmad Marzuki bukanlah orang baru. Ia pernah menjabat sebagai Pangdam Iskandar Muda pada 2020. Jabatan itu dia emban sebelum dirotasi menjadi Aster KSAD selama 2021-2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.