Kompas.com - 03/07/2022, 21:33 WIB

MEKKAH, KOMPAS.com - Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan sudah mempersiapkan rencana pengamanan dan perlindungan bagi para jemaah menjelang, saat, dan sesudah melaksanakan ibadah puncak yakni wukuf di Arafah.

Menurut Ketua PPIH Arsyad Hidayat, fokus perlindungan dan pengamanan jemaah haji Indonesia pada masa puncak ibadah difokuskan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

Tim pengamanan akan dibagi 3, yakni Satuan Tugas (Satgas) Arafah, Satgas Muzdalifah, dan Satgas Mina.

Satgas Arafah akan diisi oleh PPIH Daerah Kerja (Daker) Bandara. Tugas mereka, kata Arsyad, adalah melakukan koordinasi persiapan pelaksanaan untuk pelayanan di Kemah Misi Haji dan Pengawas Maktab.

"Juga harus melakukan sweeping akhir jemaah di Arafah pada 9 Zulhijah tengah malam,” kata Arsad dalam keterangan pers Kementerian Agama, Minggu (3/7/2022).

Baca juga: 93 Jemaah Haji RI Dirawat di Tanah Suci karena Dehidrasi dan Kelelahan

Kemudian Satgas Muzdalifah diserahkan kepada PPIH Daker Mekkah.

Mereka bertugas untuk menyapu para jemaah haji dari hotel yang berada di Mekkah pada 8 Zulhijah untuk kemudian bergerak ke Muzdalifah dan Arafah.

Selain itu, satgas Muzdalifah juga melakukan pengawasan Maktab. Mereka melakukan pemantauan dan pengawasan layanan kedatangan dan penempatan jemaah di Muzdalifah.

“Juga pengamanan jemaah yang terpisah dari rombongan dan melakukan pemberangkatan jemaah ke Mina,” kata Arsyad yang juga Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama.

Satgas Mina diisi oleh tim PPIH Daker Madinah. Tim ini di antaranya bertanggung jawab melakukan pengawasan di Maktab.

Baca juga: 46 Jemaah Haji Bervisa Tak Resmi Terdampar di Jeddah Kemarin, Kini Sudah Dipulangkan ke Indonesia

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.