Kompas.com - 03/07/2022, 16:37 WIB
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPR RI Puan Maharani mengimbau masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan di ruang publik untuk mengantisipasi penyebaran di tengah meningkatnya kasus Covid-19.

Menurut Puan, warga harus tetap mengenakan masker sebagai salah satu protokol kesehatan, saat berada di ruang terbuka.

“Kita tetap sebenarnya mengantisipasi dengan menjaga prokes. Di tempat tertutup itu perlu menggunakan masker, di situasi outdoor (di luar ruangan/tempat terbuka) pun prokes tetap harus dilakukan,” kata Puan kepada wartawan usai melakukan FunWalk Keluarga Besar Putra Putri (KBPP) Polri di Gate H Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (3/7/2022) dikutip dari Antara.

Baca juga: Epidemiolog Sebut Masker, Testing, Vaksinasi Booster Kunci Kendalikan Kenaikan Covid-19

Lebih lanjut, Puan Maharani juga mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap peningkatan kasus Covid-19. Peningkatan itu harus jadi peringatan bahwa Covid-19 masih ada.

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, kasus Covid-19 di Indonesia mengalami penambahan sebesar 1.614 pada Minggu (3/7/2022). Pada data yang sama terdapat empat kasus kematian.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan, pemerintah menarik kebijakan pelonggaran masker di luar ruangan seiring kenaikan kasus Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir.

Ma'ruf mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, khsusunya penggunaan masker, hingga angka harian Covid-19 di Tanah Air kembali turun.

"Protokol kesehatan tetap kita ketatkan, masker terutama ya, ada kenaikan terpaksa masker harus dipakai lagi. Jadi kelonggaran itu kita tarik dulu sampai nanti situasinya memungkinkan baru kita buka lagi," kata Ma'ruf di Universitas Nahdlatul Ulama NTB, Mataram, Jumat (1/7/2022).

Baca juga: UPDATE 3 Juli: Tambah 1.614 Kasus Covid-19 di Indonesia, 1.606 Pasien Sembuh

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito pada konferensi pers daring di Jakarta, Jumat (1/7/2022) menjelaskan bahwa pandemi sangat dinamis.

Penambahan bisa terjadi sesuai dengan peristiwa atau momentum. Misalnya saat Periode libur sekolah yang memungkinkan adanya peningkatan aktivitas masyarakat yang bisa membuat kasus Covid-19 naik. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.