Kompas.com - 02/07/2022, 16:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI Hilman Latief optimistis kuota haji 2022 sebanyak 100.052 orang terserap seluruhnya.

"Sampai 3 Juli insya Allah pemvisaan kita 100 persen. Laporan terakhir siang ini tinggal tujuh lagi pemvisaan," kata Hilman Latief di Mekkah, Jumat (1/7/2022), dikutip dari Antara.

Closing date atau penerbangan terakhir untuk jemaah calon haji ditutup pada 3 Juli 2022. Saat ini, lanjut Hilman, kementerian masih terus memastikan calon haji yang tidak berangkat karena sesuatu dan lain hal.

Baca juga: Sejarah Ibadah Haji

"Kita ingin mengejar 100 persen meskipun ya 99,99 persen itu kita berusaha memaksimalkan. Oleh karena itu, tim kami di sini maupun di Indonesia tetap bekerja," kata dia.

Menurut dia, dari 100.051 kuota haji tahun ini dan masih tersisa tujuh itu sebuah capaian yang luar biasa. Diharapkan sampai 3 Juli, kuota tersebut betul-betul dapat terpenuhi dan bisa diberangkatkan ke Arab Saudi.

Tercatat kuota haji Indonesia tahun ini berjumlah 100.051 orang, terdiri atas 92.825 kuota haji reguler dan 7.226 kuota haji khusus.

Baca juga: [KLARIFIKASI] Alasan Tambahan Kuota 10 Ribu Jemaah Haji 2022 Tidak Diambil

Keberangkatan jemaah calon haji Indonesia terbagi dalam dua gelombang.

Gelombang pertama pada 4-18 Juni 2021, jemaah calon haji berangkat dari Tanah Air menuju Bandara Internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah.

Pemberangkatan gelombang kedua, berlangsung dari 19 Juni hingga 3 Juli 2022. Jemaah calon haji dari Tanah Air terbang menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.