Kompas.com - 01/07/2022, 16:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan duka atas meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB) Tjahjo Kumolo.

Airlangga mengaku sangat kehilangan sosok Tjahjo.

Hal ini diungkap Airlangga ketika melayat jenazah Tjahjo di rumah duka Kompleks Widya Chandra IV No.22, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

"Selama di kabinet kami cukup dekat dan saling bertukar informasi dan juga tentu sangat membantu di dalam proses terkait dengan perubahan atau perputaran di ASN. Jadi saya sangat kehilangan," kata Airlangga saat melayat di Kompleks Widya Chandra.

Baca juga: Saat Mensos Risma Sibuk Siapkan Dipan di Rumah Dinas Tjahjo Kumolo...

Airlangga menuturkan, ada beberapa kenangan yang diingat selama keduanya berkomunikasi. Tjahjo yang sempat menjadi politikus di Partai Golongan Karya (Golkar) merupakan mentor Airlangga.

Adapun Airlangga kini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

"Almarhum Pak Tjahjo sebelum di PDIP pernah di Partai Golkar menjadi salah satu mentor termasuk saya. Dan secara rutin almarhum Pak Tjahjo itu sering memberikan data-data masukan-masukan naik tentang pemerintahan maupun politik," beber dia.

Sementara selama menjabat sebagai Menpan-RB, Airlangga mengenal Tjahjo sebagai penolong ketika rekan sesama menteri mengalami kesulitan.

Baca juga: Menhub Kenang Tjahjo Kumolo: Beliau Orang yang Sangat Menolong Rekannya

Tjahjo kata Airlangga, juga menyelesaikan tugasnya dengan baik ketika menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri periode 2014-2019.

"Jadi saya sangat kehilangan seorang yang sangat baik. Seluruh proses baik itu untuk eselon I berproses secara cepat dan kami juga sangat terkesan pada saat beliau sebelumnya di kementerian dalam negeri," ucap Airlangga.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.