Kompas.com - 29/06/2022, 16:49 WIB

MEKKAH, KOMPAS.com - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kementerian Agama mulai melakukan simulasi untuk mengantisipasi puncak ibadah Haji di kawasan Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

Mereka juga membentuk satuan operasi (Satop) khusus buat menghadapi puncak musim haji.

Satop beranggotakan petugas PPIH yang sebelumnya bertugas di daerah kerja (Daker) Makkah, Madinah, maupun Bandara.

Personel Satop dari tiga Daker itu akan dibagi. Untuk Arafah akan diisi Daker Bandara; lantas yang bertugas di Muzdalifah diisi Daker Makkah dan Mina akan diisi Daker Madinah.

“Personelnya hampir sama perwakilan Daker-daker. Jadi Daker ketika masuk ke Armuzna tidak lagi dinamai Daker,” kata Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Arsyad Hidayat, kepada wartawan di ruang Media Center Haji (MCH) Daker Makkah, seperti dikutip dari keterangan pers Kementerian Agama, Rabu (29/6/2022).

Arsyad mengatakan, PPIH juga membentuk tim monitoring yang akan mengawasi seluruh proses pergerakan jemaah saat pelaksanaan puncak ibadah haji di kawasan Armuzna.

Baca juga: Kemenag: Total 76.421 Calon Haji Sudah Diberangkatkan

Menurut Arsyad, pergerakan seluruh jemaah haji ke Armuzna akan dimulai sejak 8 Zulhijah 1443 Hijriah pagi waktu Arab Saudi.

Untuk mengantisipasi kepadatan, PPIH dan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi sudah menggelar simulasi pergerakan jemaah haji ke kawasan Armuzna.

Arsyad mengatakan, pada musim haji tahun ini dengan pembatasan jumlah jemaah sebanyak 1 juta orang, proses pergerakan jemaah haji Indonesia diperkirakan bisa selesai pukul 17.00 waktu setempat.

Sedangkan dalam musim haji di luar kondisi pandemi, proses pergerakan jemaah haji dari Mekkah menuju kawasan Armuzna biasanya dimulai pukul 07.00 dan selesai pukul 00.00 waktu setempat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.