Kompas.com - 29/06/2022, 14:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan, kunjungan Presiden Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia merupakan sebuah perjalanan penting dan bersejarah bagi pemerintah Indonesia.

"Kunjungan Presiden ke Ukraina dan Rusia adalah perjalanan penting dan bersejarah buat pemerintah Indonesia. Kita berdoa semoga perjalanan presiden selamat dan suskes menjalankan misi perdamaian," kata Ma'ruf dalam keterangan video, Rabu (29/6/2022).

Ma'ruf menuturkan, lawatan Jokowi ini juga menandakan prinsip Indonesia sebagai negara yang selalu menjunjung tinggi terciptanya perdamaian di dunia.

Ia menyebutkan, hal ini sesuai dengan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang secara konsisten dilaksanakan oleh pemerintah.

Baca juga: Jokowi Tiba di Kyiv, Akan Temui Zelenskyy hingga Kunjungi Lokasi Terdampak Perang

"Sekali lagi, semoga lawatan Presiden membawa hasil untuk terciptanya perdamaian antara kedua negara, Ukraina dan Rusia," ujar Ma'ruf.

Ia pun berharap perdamaian kedua negara menjadi awal terciptanya pembangunan ekonomi yang stabil di masa mendatang.

Seperti diketahui, dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Eropa, Jokowi akan menyambangi Ukraina dan Rusia untuk menemui pemimpin masing-masing negara.

“Saya akan mengunjungi Ukraina dan akan bertemu dengan Presiden Zelensky. Misinya adalah mengajak Presiden Ukraina, Presiden Zelensky untuk membuka peluang dialog dalam rangka perdamaian,” kata Jokowi saat memberikan keterangan pers di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (26/6/2022).

Selanjutnya, Jokowi akan menemui Presiden Rusia Vladimir Putin di Rusia setelah berdialog dengan Zelensky.

Baca juga: Media Asing Soroti Aksi Jokowi Jadi Pemimpin Asia Pertama Kunjungi Ukraina-Rusia

Saat bertemu Putin, Jokowi akan mengajak untuk membuka peluang dialog dalam upaya menghentikan perang.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.