Kompas.com - 28/06/2022, 21:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agama melaporkan sebanyak 76.421 calon haji Indonesia telah diberangkatkan ke Tanah Suci hingga sepekan sebelum fase pemberangkatan ke Arab Saudi berakhir pada 3 Juli 2022.

"Sampai hari ini, total jamaah calon haji Indonesia yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 76.421 orang," ujar Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Akhmad Fauzin, Selasa (28/6/2022), dikutip dari Antara.

Fauzin mengatakan, sebanyak 2.923 calon haji Indonesia kembali diberangkatkan pada Selasa. Mereka terbagi dalam tujuh kelompok terbang (kloter) dan berangkat dari lima embarkasi.

Baca juga: Cegah Heat Stroke Selama Musim Haji 2022, Rompi Penurun Suhu Disiapkan untuk Jemaah

Tujuh kloter tersebut adalah masing-masing dua kloter berangkat dari Embarkasi Jakarta-Bekasi/JKS (820 orang) dan Embarkasi Surabaya/SUB (900 orang).

Lalu, masing-masing satu kloter dari Embarkasi Palembang/PLM (450 orang), Solo/SOC (360 orang), dan Makassar/UPG (393 orang).

Terkait data jamaah sakit di Tanah Suci sebanyak 93 orang, terdiri atas 79 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan 14 orang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi.

"Sedangkan jamaah wafat di Arab Saudi sampai hari ini sebanyak 14 orang," kata Fauzin.

Baca juga: Tangis Siti Lepas Suami Pergi Haji Gantikan Ibunya Meninggal karena Covid-19

Fauzin menyampaikan terkait kondisi cuaca di Arab Saudi saat ini rata-rata suhu tertinggi 45 derajat Celsius.

Pemerintah terus mengimbau jamaah calon haji Indonesia untuk membatasi aktivitas di luar ruangan, jangan menunggu haus untuk minum, dan tidak memaksakan untuk selalu shalat di Masjidil Haram.

"Tetap selalu memakai masker ketika berkumpul di ruangan, terutama ketika di masjid, baik di Masjid Nabawi maupun Masjidil Haram," kata Fauzin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.