Kompas.com - 22/06/2022, 16:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP PDI-P Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul berjabat tangan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat pembukaan Rakernas PDI-P di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022).

Menurut Bambang, jabat tangan itu menandakan bahwa antara dirinya dan Ganjar sudah satu komando dan barisan.

"Jadi artinya sudah satu komando, Bos," kata Bambang di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (22/6/2022).

Pacul, sapaan Bambang, mengatakan, salam komando juga berarti bahwa setiap kader PDI Perjuangan telah siap menerima komando.

"Pak Ganjar dan Bambang Pacul siap menerima komando sebagai sesama kader partai," ujar Pacul.

Baca juga: Saat Bambang Pacul dan Ganjar Pekikan Salam Merdeka Bersama di Rakernas PDI-P

Ketika ditanya apakah saat ini sudah satu frekuensi dengan Ganjar terkait pandangan politik untuk Pilpres, Pacul enggan menjawabnya.

Dia hanya menyatakan bahwa siap menerima perintah partai.

"Kalau bicara satu frekuensi dan tidak, itu dikau yang mengartikan. Bambang Pacul tidak mengartikan. Tetapi, salam komando di mana pun artinya sama. Siap menerima perintah," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Bambang Pacul tampak akrab dengan Ganjar Pranowo saat acara Rakernas Kedua PDI-P Tahun 2021 baru akan dimulai, Selasa pagi.

Pantauan Kompas.com, awalnya antara Ganjar dan Bambang Pacul menyalami rekan-rekan sesama kader PDI-P di ruangan acara Rakernas.

Sesaat kemudian, tibalah Ganjar dan Pacul saling bersalaman. Terlihat ada pembicaraan yang mereka lakukan, tetapi tak terdengar.

Baca juga: Saat Bambang Pacul dan Ganjar Pekikan Salam Merdeka Bersama di Rakernas PDI-P

Setelah itu, Ganjar tampak menyalami Ketua Fraksi PDI-P DPR Utut Adianto. Adapun keduanya juga saling berbicara ketika bersalaman, tetapi tidak terdengar apa yang mereka bicarakan.

Kemudian, ada momen ketika Ganjar dan beberapa kader PDI-P lainnya saling berbincang. Setelah itu, mereka saling berdiri bergerombol dan memekikkan salam merdeka bersama-sama.

Tampak Ganjar dan Bambang Pacul mengucapkan salam komando PDI-P itu.

"Merdeka, merdeka," ucap Ganjar dan Bambang Pacul diikuti oleh sejumlah kader PDI-P, Selasa.

Selanjutnya, mereka saling bertepuk tangan dan kembali duduk di kursi yang disediakan.

Diketahui bersama, sebelumnya kedua figur kader PDI-P tersebut kerap disebut berseberangan dalam dukungan politik. Terlebih lagi, ketika Ganjar digadang-gadang maju dalam Pilpres 2024.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.