Kompas.com - 22/06/2022, 13:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP PDI-P Djarot Saiful Hidayat menyampaikan sejumlah harapan kepada DKI Jakarta yang hari ini, Rabu (22/6/2022) berulang tahun ke-495.

Harapan itu disampaikan khususnya kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait implementasi janji-janji kampanye saat Pilkada 2017 lalu.

"Termasuk juga di dalam ulang tahun itu kan kita harus introspeksi. Kita harus mengevaluasi, apa yang sudah dilakukan oleh kita oleh Jakarta, apa yang sudah dinikmati oleh rakyat, apakah janji-janji program program pemerintah DKI, janji janji waktu kampanye itu terwujud?," kata Djarot di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, di sela-sela Rakernas PDI-P, Rabu.

Baca juga: Jangan Lewatkan! Ini Deretan Promo HUT DKI Jakarta dari Makanan hingga Gratis Naik MRT-LRT-Transjakarta

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian membeberkan catatan kondisi Jakarta saat ini.

Dia mengaku prihatin, lantaran ultah Jakarta justru diwarnai catatan soal polusi udara di ibu kota menjadi yang paling buruk di dunia.

"Kalau begitu ada sesuatu yang perlu kita evaluasi. Contoh misalnya berapa ruang terbuka hijau, selama empat mau lima tahun itu (masa kepemimpinan gubernur)," ujarnya.

Di sisi lain, ia juga menyoroti soal istilah yang dipakai pada ultah Jakarta kali ini yaitu hajatan dan kolaborasi.

Menurut dia, belum banyak masyarakat yang mengetahui istilah kolaborasi.

Baca juga: Peristiwa Sejarah yang Diperingati sebagai HUT DKI Jakarta 

"Opo sih kolaborasi itu? Oh gotong royong, kan gitu ya. Apa sih akselerasi itu, oh percepatan. Kan gitu ya," jelasnya.

"Atau bahasanya apa, bahasa Betawinya, kalau relevansi itu apa, bahasa Betawinya. Opo maknane (maknanya)? Anda enggak tahu, peningkatan kayak elevator gitu ya. Peningkatan," sambung Djarot.

Oleh karena itu, dia menilai masyarakat Jakarta perlu mengetahui istilah-istilah tersebut agar dapat merayakan ulang tahun daerahnya dengan baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.