Kompas.com - 21/06/2022, 18:46 WIB
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menerima Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/6/2022) siang.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan, dalam pertemuan itu, Tedros memberikan sejumlah apresiasi kepada Indonesia, salah satunya soal penanganan pandemi Covid-19.

"Dirjen WHO juga menyampaikan ucapan selamat apresiasi terhadap capaian Indonesia di dalam mengatasi atau mengelola Covid-19," kata Retno, dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa.

Baca juga: WHO: Hampir 1 Miliar Orang di Dunia Alami Gangguan Kesehatan Mental

Retno menuturkan, Jokowi dan Tedros juga membicarakan capaian vaksinasi Covid-19 di Indonesia yang merupakan salah satu yang terbaik di dunia.

"Beliau menyatakan bahwa Indonesia adalah salah satu dari best achievement kalau diperbandingkan dengan rata-rata achievement yang dicapai oleh negara-negara di dunia," ujar Retno.

Selain itu, kata Retno, Tedros juga menekankan bahwa pandemi belum selesai meski situasi Covid-19 di dunia sudah mendatar.

"Beliau menyatakan bahwa pandemi belum selesai dan kita masih memantau terus, WHO masih memantau terus munculnya varian-varian baru," kata Retno.

Selain itu, Tedros juga menyampaikan apresiasi kepemimpinan Indonesia di dalam G20 serta sistem kesehatan keluarga dan asuransi kesehatan wajib di Indonesia yang dinilai sudah baik.

Baca juga: Penularan Covid-19 di Jakarta Makin Tinggi, Lampaui Batas Aman WHO

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Saidkin menambahkan, Tedros berkunjung ke Indonesia dalam rangka menghadiri rapat Menteri Kesehatan negara-negara G20 yang berlangsung di Yogyakarta, Senin (20/6/2022) kemarin.

Dalam pertemuan ini, Jokowi didampingi oleh Retno dan Budi, sedangkan Tedros ditemani oleh perwakilan WHO untuk Indonesia Shalala Ahmadova.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.