Kompas.com - 21/06/2022, 12:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri mengaku heran masih banyak orang menilai partainya merupakan partai komunis.

Sebab, dari namanya saja PDI-P lekat dengan demokrasi, bukan komunis.

"Saya itu sangat heran selalu dikonotasikan dengan komunis. Saya sampai bingung sendiri di zaman susah saya, lalu saya dibilang itu Ibu komunis, aduh saya itu sampai mikir namanya saja PDI-P, jadi komunisnya itu di mana?," kata Megawati di acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kedua Tahun 2021, di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022).

Baca juga: Megawati: PDI-P Dulu Diremehkan, Partai Sendal Jepit Lah, tapi Saya Bangga

Ia kemudian mengatakan, membentuk PDI-P tidaklah mudah, apalagi dirinya membentuk partai dengan tujuan untuk memperjuangkan rakyat.

Menurutnya, amat bertolak belakang jika partai besutannya dikaitkan dengan partai komunis. Ditambah, ada peran pemerintah di dalamnya.

"Organisasi parpol dibentuk pemerintah RI itu adalah untuk bisa mengorganisir massa rakyat," ucapnya.

Baca juga: Saat Megawati Bergurau Tidak Mau Dapat Menantu seperti Tukang Bakso

Megawati juga selalu mengingat rekan-rekannya yang sama-sama membangun PDI-P. Beberapa yang disebut adalah Ketua DPP PDI-P Komarudin Watubun dan Ketua DPC PDI-P Solo FX Hadi Rudyatmo.

Menurut Megawati, jika beberapa rekannya yang berjuang bersama itu melakukan kesalahan, ia pun bersedia bertanggung jawab.

"Kalau dia nakal, biarkan saja, tanggung jawab saya. Tidak ada yang boleh mengatakan, kamu begini, kamu begitu. Karena dia sudah ikut saya dari zaman susah. Kalian ikut saya setalah zaman enak," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.