Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKB dan Gerindra Jalin Kerja Sama, PKS Yakin Masih Penjajakan

Kompas.com - 20/06/2022, 20:37 WIB
Irfan Kamil,
Krisiandi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul iman meyakini, pertemuan antara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) masih berupa penjajakan, belum memutuskan koalisi.

Sohibul mengatakan, pertemuan antara dua partai politik merupakan dinamika yang biasa terjadi untuk menentukan koalisi menjelang pemilihan umum (pemilu) 2024 mendatang.

"Ini memang dinamika koalisi yang jadi perhatian kita semunaya, jadi perlu dipahami ya, fase kita hari ini fase penjajakan koalisi," ujar Sohibul ditemui usai acara Rapimnas PKS di Hotel Grand Sahid, Senin (20/6/2022).

Baca juga: Poros Gerindra-PKB Diharap Buat Persaingan Capres Makin Berbobot

Sohibul menuturkan, semua partai politik juga tengah melakukan penjajakan untuk mencari kesamaan persepsi dengan partai lainnya guna menghadapi pemilu 2024.

Ia mengatakan, PKS juga tengah menjalin komunikasi yang intens dengan PKB, Partai Demokrat hingga Partai Nasdem.

Bahkan, lanjut Sohibul, komunikasi yang kuat antara PKS dan PKB sampai memunculkan wacana membentuk sebuah koalisi dengan nama "Semut Merah".

"Karena itu komunikasi kita tidak terbatas. Kita dengan semua pihak lakukan komunikasi, kita komunikasi dengan Demokrat, dengan Nasdem, kemudian juga dengan PKB gitu ya, nah di antara komunikasi itu pasti akan terjadi ada perbedaan itensitas gitu ya," kata Sohibul.

"Kemarin itu itensitas dengan PKB sangat kuat sekali, sehingga dari pihak PKB mewacanakan koalisi 'semut merah' seperti itu. tapi ini semuanya adalah penjajakan semuanya," ucaonya.

Diberitakan sebelumnya, Gerindra dan PKB sepakat untuk bekerja sama menghadapi Pilpres 2024.

Kesepakatan itu diumumkan setelah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan sejumlah petinggi PKB menemui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, Sabtu (18/6/2022) malam.

“Alhamdulilah kita sudah mencapai titik-titik pertemuan, titik-titik kerja sama, titik-titik kesepakatan,” papar Prabowo usai pertemuan.

Baca juga: Pengamat Nilai Gerindra-PKB Bisa Klik dan Unggul di Pilpres 2024

“Di mana kita secara garis besar menyatakan keinginan kita masing-masing untuk bersama-sama bekerja sama untuk menghadapi Pilpres, Pileg, dan Pilkada 2024,” imbuh dia.

Hal yang sama dikemukakan Muhaimin.

“Demi kebangkitan Indonesia raya,” kata Cak Imin disambut tepuk tangan jajaran partai.

“Bekerja sama secara utuh, menyeluruh menjelang dan menyiapkan Pilpres, Pileg, dan Pilkada di 2024,” kata Muhaimin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com