Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Capres, PDI-P: Nama-nama Ada di Megawati, Beliau Terus Mempertimbangkan

Kompas.com - 20/06/2022, 18:52 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal DPP PDI-P Hasto Kristiyanto kembali menegaskan bahwa partainya menyerahkan sepenuhnya persoalan calon presiden kepada Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Nama-nama itu ada di Ibu Megawati Soekarnoputri. Beliau terus mempertimbangkan," kata Hasto ditemui di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Senin (20/6/2022).

Ia menyatakan bahwa PDI Perjuangan tidak sendirian dalam proses pencarian nama capres itu. Sebab, ia memastikan akan menjalin komunikasi politik dengan partai politik lainnya.

"Kami terus membangun komunikasi dengan para ketua umum partai, sehingga kesamaan terhadap platform dan kerjasama dalam rangka Pilpres itu ujung-ujungnya kan pada penetapan calon," jelasnya.

Baca juga: PDI-P Gelar Rakernas 21-23 Juni, Akan Dibuka Megawati dan Dihadiri Jokowi

Menurut Hasto, Megawati akan menetapkan calon yang akan diusung oleh PDI-P dalam momentum yang tepat. Demikian halnya dengan siapa nantinya PDI-P akan berkoalisi.

"Kerja sama adalah suatu keniscayaan bagi PDI-P yang mengusung semangat gotong royong," imbuh dia.

Lebih lanjut, Hasto mengatakan bahwa skala prioritas PDI-P saat ini adalah turun ke bawah membantu masyarakat.

Hal itu dipilih lantaran PDI-P ingin membantu pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin selesai dengan baik.

"Sehingga transisi kepemimpinan pada tahun 2024 akan dilaksanakan dalam situasi yang diwarnai oleh keberhasilan," pungkasnya.

Diketahui, belakangan muncul sejumlah nama tokoh yang santer akan diusung oleh partai politik dalam Pilpres 2024.

Baca juga: Bisakah Koalisi Partai Patahkan Dominasi PDI-P pada Pilpres 2024?

Sejumlah nama yang muncul seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PKB Muhaimin Iskandar hingga Ketua DPR Puan Maharani.

Adapun salah satu partai politik yaitu Partai Nasdem, dalam Rakernas mengusulkan tiga nama bakal capres yaitu Ganjar, Anies dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com