Kompas.com - 17/06/2022, 11:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah Enny Nuryanti mengatakan, jumlah calon haji yang meninggal dunia bertambah satu orang.

Satu calon haji tersebut bernama Hasbullah, embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS), berusia 58 tahun asal Cianjur, Jawa Barat.

Enny mengatakan, Hasbullah meninggal setelah mengalami dehidrasi dan sempat mendapat penanganan dari rumah sakit setempat.

"Terakhir kasus dehidrasi, di hotel (sempat) ditangani kemudian dibawa ke RS Arab Saudi, dilakukan penanganan PCR dan code blue, 30 menit kemudian meninggal," kata Enny di Madinah, dilaporkan oleh jurnalis Kompas TV Nitia Anisa, Jumat (17/6/2022).

Baca juga: Beberapa Jemaah Haji Meninggal, Lantas Bagaimana Nasib Ibadahnya?

Jenazah Hasbullah, lanjutnya, diurus Muassah Adilla untuk dimakamkan di Pemakaman Baqi.

Berdasarkan kasus tersebut, ia mengingatkan seluruh jemaah untuk rajin minum air putih.

"Penting ingatkan jemaah agar selalu minum jangan tunggu haus," ujarnya.

Sebelumnya Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, calon haji atas nama Suhati Rahmat Ali bin Haji Rahmat, embarkasi Jakarta-Pondok Gede meninggal dunia pada Minggu (5/6/2022).

Kemudian, 12 Juni yang lalu, Kemenag kembali melaporkan, calon haji atas nama Bangun Lubis Wahid, embarkasi Padang meninggal dunia di Tanah Suci.

Baca juga: ASN Naik Haji, Pemkot Batu Pastikan Pelayanan Publik Tak Terganggu

Pada 14 Juni 2022, Kemenag melaporkan, calon haji atas nama Bawuk Binti Karso berusia 58 tahun asal Lamongan, Jawa Timur meninggal dunia di Madinah akibat gangguan irama jantung.

Kamis, 16 Juni 2022, Kemenag melaporkan, calon haji atas nama Muslim Abdul Wahab meninggal dunia di pesawat sebelum mendarat di Bandara Madinah.

Terakhir, Kemenag melaporkan calon haji atas nama Hasbullah meninggal dunia akibat dehidrasi

Dengan demikian, saat ini total ada 5 calon haji meninggal dunia di Arab Saudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.