Kompas.com - 16/06/2022, 11:41 WIB

MADINAH, KOMPAS.com - Sebanyak 1.300 jemaah calon haji dari Indonesia yang baru tiba di Madinah mendapatkan rezeki tak terduga. Sebab, mereka mendapatkan penginapan di hotel berbintang 5 yang hanya berjarak 200 meter dari Masjid Nabawi.

Laporan jurnalis KOMPAS TV Nitia Anisa menyebutkan, 1.300 jemaah calon haji itu berasal dari 4 kelompok terbang (kloter) dan tiba di Madinah pada Senin (13/6/2022) lalu.

Secara garis besar ada 507 kamar di hotel berbintang itu yang tersedia untuk ditempati jemaah haji dari kloter embarkasi Jakarta-Bekasi, Surabaya, dan Batam.

Menurut Kepala Seksi Akomodasi Daerah Kerja Madinah Ihsan Faisal, ada 2 tipe kerja sama akomodasi yang diatur oleh Panitia Pelaksanaan Ibadah Haji (PPIH) dengan Majmuah atau asosiasi perhotelan di Madinah.

Baca juga: Gagal Berangkat Haji Alasan Usia, Atman Mengaku Malu karena Sudah Selamatan dan Diantar Tetangga

Bentuknya merupakan pemesanan penuh selama musim haji (full season) dan pemesanan terbatas sesuai ketersediaan (blocking time).

Jika hotel dengan tipe pemesanan pertama sudah penuh, maka asosiasi akan menempatkan jemaah Indonesia akan menempatkan jemaah Indonesia di hotel tipe kedua secara acak tergantung ketersediaan.

"Kalau blocking time, contoh (kloter) JKS kenapa dapat di Pullman, saat itu hotel yang tersedia dan sesuai kedatangan di Pullman. Kalau full musim dipakai hari kedatangan sampai hari kedelapan, (berdasarkan) based on Arbain," kata Ihsan.

Karena ditempatkan di hotel berbintang 5, maka fasilitas dan luas setiap kamar hotel sangat memadai.

Baca juga: Bus Rombongan Jemaah Haji Asal Indramayu Kecelakaan di Tol Cikarang, Semua Penumpang Selamat

Contohnya, satu kamar bisa diisi 3-4 jemaah. Di dalam kamar hotel itu juga dilengkapi fasilitas seperti kulkas, televisi, dan kamar mandi yang cukup luas.

Kelebihan lainnya, jarak hotel itu hanya berkisar 100-200 meter dari Masjid Nabawi, sehingga membantu jemaah haji menghemat waktu perjalanan.

Selain itu, menurut Ihsan tidak ada penambahan biaya meski para jemaah calon haji diberi penginapan di hotel bintang 5. Biaya yang dibayarkan sama seperti tipe pemondokan lain, sehingga layanan yang didapatkan tidak berbeda, termasuk dari segi konsumsi dan transportasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.