Kompas.com - 09/06/2022, 20:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Duta Besar Republik Indonesia di Bern Muliaman Hadad mengatakan, Kepolisian Kota Bern, Swiss, menggunakan tes DNA untuk melakukan proses identifikasi jasad anak sulung Gubernur Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtaz atau kerap disapa Eril.

"Sesuai prosedur yang berlaku, tim forensik kepolisian segera melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan jasad yang ditemukan itu adalah benar ananda Eril," kata Muliaman dalam jumpa pers secara virtual dari Bern, Kamis (9/6/2022).

"Pada Kamis 9 Juni 2022 siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa hasil tes DNA jasad yang ditemukan kemarin adalah ananda Emmeril Kahn Mumtaz atau Eril," lanjut Muliaman.

Baca juga: Jenazah Eril Ditemukan, Keluarga Ridwan Kamil Ucapkan Terima Kasih

Pencocokan DNA itu dilakukan dengan sampel yang diambil dari Ridwan Kamil dan sang ibu, Atalia Praratya yang sempat datang ke Bern untuk menyaksikan proses pencarian.

Tim pencari gabungan dilaporkan menemukan jasad Eril di Bendungan Engehalde pada Rabu (8/6/2022) pagi waktu setempat.

Menurut keterangan pers Kejaksaan Negeri Bern, jasad Eril ditemukan tergeletak di Bendungan Engehalde pukul 06.50 waktu setempat.

Jasad Eril ditemukan oleh anggota tim pencari dari Kepolisian Maritim Bern di baskom bendung dan kemudian dievakuasi.

Muliaman mengatakan, proses pemulangan jenazah Eril dilakukan setelah mendapat rekomendasi dari Pengadilan Bern, sebelum diserahkan kepada pihak-pihak yang berwenang untuk pemulangan.

Baca juga: Jenazah Eril Akan Tiba di Indonesia pada Sabtu atau Minggu Pekan Ini

"Untuk selanjutnya KBRI Bern akan terus mendampingi keluarga dalam persiapan dan pengurusan proses repatriasi ananda Eril ke Tanah Air," ucap Muliaman.

"KBRI juga akan melakukan pengawalan dalam proses repatriasi hingga ananda Eril tiba di Indonesia," sambung Muliaman.

Eril hilang saat berenang di Sungai Aare sejak 26 Mei 2022 bersama adik dan kerabatnya. Ridwan Kamil beserta sang istri, Atalia Praratya, serta anak perempuannya Camillia Laetitia Azzahra yang disapa Zara, turut menyaksikan proses pencarian Eril.

Saat peristiwa itu terjadi, Zara juga berenang di Sungai Aare bersama Eril. Dia berhasil diselamatkan warga setempat akibat terseret arus. Sedangkan Eril hilang dan jasadnya baru ditemukan pada Rabu (8/6/2022)pukul 06.50 waktu setempat.

Baca juga: Kepastian Takdir Eril, Duka Keluarga Ridwan Kamil, dan Pengingat Hakikat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.