Kompas.com - 09/06/2022, 13:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama (Dirut) PT Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, vaksin Covid-19 BUMN buatan PT Bio Farma yang dikembangkan bersama Baylor College of Medicine mulai masuk uji klinis fase III, Kamis (9/6/2022).

Vaksin Covid-19 BUMN ini dikembangkan menggunakan metode Subunit Protein Rekombinan (protein receptors binding domain/RDB).

"Untuk vaksin BUMN ini kami telah menyiapkan kapasitas 120 juta dosis per tahun, tentunya nanti akan berproduksi sesuai nanti dengan kebutuhan," kata Honesti dalam konferensi pers secara virtual, Kamis.

Honesti mengatakan, uji klinis fase III vaksin tersebut akan diberikan kepada 4.050 subjek dengan batasan usia 18-70 tahun.

Baca juga: Moderna Umumkan Hasil Positif untuk Vaksin Omicron

Ia menargetkan, izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) vaksin ini akan diterbitkan pada Juli mendatang.

"Nah target kita Juli ini Insya Allah semua berjalan lancar EUA keluar ketika produksi," ujarnya.

Lebih lanjut, Honesti mengatakan, dengan jumlah produksi dosis vaksin yang cukup besar, vaksin Covid-19 BUMN ini akan diperuntukkan untuk vaksinasi ketiga (booster) dan vaksinasi anak.

"Kemungkinan besar prioritasnya nanti adalah untuk booster ya dan kemudian adalah untuk anak," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.