Kompas.com - 07/06/2022, 14:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Terdakwa Kolonel Infanteri Priyanto menyatakan pikir-pikir untuk mengajukan banding atas vonis penjara seumur hidup dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Handi Saputra dan Salsabila.

Priyanto memilih pikir-pikir setelah bermusyawarah dengan tim penasihat hukumnya.

“Kami pikir-pikir, Yang Mulia,” kata Priyanto di hadapan majelis hakim di Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta, Jakarta Timur, Selasa (7/6/2022).

Hal yang sama juga diambil Oditur Militer Tinggi Kolonel Sus Wirdel Boy. Salah satu alasan oditur masih pikir-pikir karena adanya perbedaan unsur pasal antara dakwaan dan putusan.

Baca juga: Divonis Seumur Hidup dan Dipecat dari TNI, Kolonel Priyanto Pikir-pikir Banding

Perbedaan tersebut terletak pada tidak dikenakannya unsur dakwaan Pasal 328 KUHP tentang Penculikan juncto Pasal 55 Ayat (1 ) KUHP, dalam vonis ini.

Majelis hakim justru mengenakan Pasal 333 KUHP Kejahatan Terhadap Perampasan Orang juncto Pasal 55 Ayat (1) KUHP. Sementara, dua pasal lain dalam dakwaan tetap dikenakan dalam tuntutan.

Menurut Wirdel, perbedaan pengenaan unsur dakwaan bisa menjadi celah untuk mengajukan banding.

“Itu merupakan salah satu celah nanti untuk kita bisa melakukan banding,” imbuh dia.

Dalam kasus ini, Priyanto divonis penjara seumur hidup dan dipecat dari TNI.

Priyanto terbukti melanggar Pasal Primer 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana jo Pasal 55 Ayat (1) KUHP tentang Penyertaan Pidana, Subsider Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan, jo Pasal 55 Ayat (1) KUHP.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.