Kompas.com - 05/06/2022, 16:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan beserta Ketua Umum Ormas Projo Budi Arie memenuhi undangan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada Silaturahmi Nasional kemarin, Sabtu (4/6/2022).

Kedatangan keduanya, terutama Budi Arie, dinilai seakan Presiden Joko Widodo merestui pembentukan koalisi yang diinisiasi oleh Golkar, PAN, dan PPP tersebut.

"Terkait (kedatangan) Budi, itu makin menguatkan tudingan 'sinyal' Istana dalam KIB. Karena, Budi hanya sebatas ketua relawan, bukan ketua umum partai politik," ungkap Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, kepada Kompas.com pada Minggu (5/6/2022).

Ia menilai wajar bila publik menganggap ada "pesan Istana" bila menilik kehadiran mereka. Sekalipun, hal itu sulit untuk dibuktikan secara langsung.

"Tapi fakta itu sulit dibantah, kadang. Karena, apa pun judulnya, LBP dan Budi orangnya Jokowi," ujar Adi.

Baca juga: Ketua Projo Budi Arie Setiadi Hadiri Silatnas Koalisi Indonesia Bersatu

Kehadiran Budi dinilai sebagai sinyal yang cukup jelas. Sementara itu, kehadiran Luhut mungkin masih dapat dianggap sebagai sosok senior Golkar menilik rekam jejaknya sebagai eks kader partai berlambang pohon beringin itu.

Adi juga membuka kemungkinan bahwa kehadiran Budi dan Luhut sebagai sinyal restu Jokowi terhadap koalisi ini lantaran Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, sosok yang selama ini menjuarai tangga survei elektabilitas, belum memperoleh garansi untuk maju pada 2024 dari partainya sendiri, PDI Perjuangan.

Sebelumnya, dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V Projo di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (21/5/2022), Jokowi meminta Projo jangan terburu-buru perihal pencapresan 2024, meskipun sosok yang didukung "mungkin hadir di tengah" Rakernas.

Sebagian pihak mengaitkan sosok itu dengan Ganjar yang mendampingi Jokowi di situ.

"Apa pun tudingannya, KIB sudah menjelma poros politik yang siap usung capres sendiri nantinya," kata Adi.

Baca juga: Ketika Airlangga Sodorkan Kepalan Tangan pada Luhut Saat Silatnas KIB

Sementara itu Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengaku tidak tahu kenapa Ketum Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi hadir dalam acara Silaturahim Nasional (Silatnas) Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada Sabtu (4/6/2022) malam.

Zulhas mengatakan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto lah yang mengetahui kenapa Ketum Projo diundang.

"Oh tanya Pak Airlangga. Tanya Pak Airlangga itu," ujar Zulhas saat ditemui di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Minggu (5/6/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.