Kompas.com - 02/06/2022, 13:34 WIB
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com- Pemerintah telah menyelesaikan pembangunan 1.951 unit hunian tetap (huntap) bagi masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto saat mendampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin meninjau pembangunan huntap dan hunian sementara (huntara) di Lumajang, Kamis (2/6/2022).

"Huntap 1.951 unit seluruhnya sudah 100 persen terbangun per-hari ini. Unitnya sudah selesai. Penempatan lahan telah mendapat rekomendasi dari Badan Geologi, BNPB dan BMKG, menjadi smart village," kata Iwan, dikutip dari siaran pers.

Baca juga: Warga Terdampak Erupsi Semeru Ditargetkan Tempati Hunian Sementara Dua Bulan Lagi

Iwan menyebutkan, pembangunan hunian tersebut juga menggunakan teknologi riset rumah tahan gempa.

Ia melanjutkan, setelah pembangunan infrastruktur fisik rampung, pemerintah akan memulai program pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.

"Sekarang fokus menjadikan infrastrukturnya. Berikutnya kami fokus konsep pemberdayaan ekonominya," kata Iwan.

Baca juga: Kunker ke Jatim, Wapres Akan Tinjau Hunian Korban Erupsi Semeru hingga Ziarah ke Makam Gus Dur

Menanggapi itu, Ma'ruf mengapresiasi kerja keras seluruh pihak dalam menanggulangi bencana erupsi Gungung Semeru.

"Kepala BNPB dan semua berusaha keras sehingga bisa terlaksana (penyediaan) tempat yang bersih. Yang belum, sudah ada rumah. Huntapnya sudah jadi tinggal yang huntaranya, supaya lengkap," ujar Ma'ruf.

Sementara itu, berdasarkan catatan Kementerian PUPR, dari 1.951 unit huntara yang ditargetkan dibangun, 878 unit di antaranya sudah terbangun dengan rincian 437 unit selesai, 441 unit dalam proses penyelesaian, dan 130 unit sudah dihuni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.