Kompas.com - 29/05/2022, 18:02 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Sentra Budi Perkasa Palembang menyerahkan alat bantu kursi roda bagi Bana (70 tahun) di Kampung Padaluyu, Desa Puspahiang, Tasikmayala, Jawa Barat (Jabar), Sabtu (28/5/2022).

Sebagai informasi, Bana mengalami sakit pinggang dan tidak bisa berjalan karena jatuh pada saat naik kendaraan umum. Sebelum mendapatkan kursi roda, Bana hanya berjalan menggunakan dua tangan dan kaki lurus ke depan. Kondisi ini sudah berjalan sejak 5 tahun silam.

Selain Bana, lansia lain yang diberikan bantuan kursi roda yaitu Kodir (86 tahun) warga Kampung, Gandok, Desa Puspahiang, Kecamatan Puspahiang. Kodir mengalami lumpuh sejak 2 tahun lalu karena stroke. Aktivitasnya harus selalu dibantu oleh orang lain.

Camat Puspahiang Ari Fitriadi mengatakan, Dengan peringatan ini kita mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lansia karena urusan lansia ini urusan keluarga.

“Semoga contoh dari pemerintah ini bisa jadi teladan bahwa kita punya tanggung jawab mengurus lansia sebagai orang tua. Ini bakti kita kepada orang tua," jelas Ari seusai menyerahkan alat bantu tersebut.

Bantuan alat bantu kursi roda untuk seorang lansia di Tasikmalaya.Dok. Humas Kemensos Bantuan alat bantu kursi roda untuk seorang lansia di Tasikmalaya.

Penyerahan alat bantu gerak bagi lanjut usia (lansia) menjadi pembuka rangkaian peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2022.

Sebagai informasi, puncak peringatan HLUN Ke 26 dilaksanakan di Kabupaten Tasikmalaya. Lokasi ini dipilih karena berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) 2022, jumlah lansia di Kabupaten Tasikmalaya yaitu 28.950 lansia, terbanyak se-Indonesia.

Dalam Peringatan HLUN ke 26 , Kemensos menyerahkan bantuan serentak di 39 Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya. Bantuan tersebut terdiri dari bantuan ATENSI, PKH, dan Sembako bagi lansia tunggal, penyerahan alat bantu bagi lansia serta bantuan sandang nutrisi dan obat-obatan.

Kemensos juga memfasilitasi renovasi bagi rumah lansia yang tidak layak huni, operasi katarak gratis, perekaman e-KTP dan kegiatan donor darah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.