Kompas.com - 27/05/2022, 21:51 WIB
Penulis Krisiandi
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Donny Yoegiantoro terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat Periode 2022-2026. Donny akan didampingi Arya Sandhiyudha sebagai wakil ketua.

"Pemilihan telah mencapai musyawarah mufakat, tanpa ada voting, struktur ketua, wakil ketua, dan lima ketua bidang. Dari musyawarah mufakat tersebut terpilih Ketua Donny Yoegiantoro dan Wakil Ketua Arya Sandhiyudha," kata Arya, seperti ditulis Antara, Jumat (27/5/2022).

Kemudian lima ketua bidang, yakni, Ketua Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Syawaludin, Ketua Bidang Kelembagaan Handoko Agung Saputro.

Baca juga: Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat Dijambret, Tas Berisi Dokumen Penting Hilang

Lalu, Ketua Bidang Advokasi Sosialisasi dan Edukasi Samrotunnajah Ismail, Ketua Bidang Penelitian dan Dokumentasi Rospita Vici Paulyn.

Gede Narayana yang merupakan Ketua KIP periode sebelumnya kini menjabat Ketua Bidang Regulasi dan Kebijakan.

"Pemilihan struktur ketua, wakil ketua, dan ketua bidang pada periode ini sangat baik, guyub, dan prosesnya sangat cepat. Ini hal yang sangat membahagiakan bagi seluruh komisioner, dan memberikan pesan sangat positif kepada seluruh Tim Sekretariat KI Pusat RI dan KI se-Indonesia," katanya.

Arya Sandhiyudha yang dipercaya sebagai wakil ketua periode jabatan 2022-2026 merupakan komisioner termuda sepanjang sejarah Komisi Informasi berdiri.

Arya kini berusia 38 tahun. Sementara komisioner KIP yang terpilih biasanya rata-rata berumur di atas 45 tahun.

Baca juga: Polisi Masih Selidiki Penjambret Tas Milik Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat

Meskipun Arya termuda, namun dirinya bukan sosok baru di Komisi Informasi. Arya pada periode sebelumnya merupakan Komisioner Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta.

Arya mengatakan struktur kepemimpinan di KI Pusat yang sudah dipilih lewat musyawarah mufakat diharapkan dapat menghasilkan struktur yang produktif.

"Saya kira the right man on the right place lah, semuanya dibicarakan potensinya, dan mudah-mudahan bisa menghasilkan struktur yang produktif," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.