Kompas.com - 27/05/2022, 15:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengenang mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif sebagai sosok yang bersahaja dan negarawan berintegritas.

Menurut Cak Imin, sapaan Muhaimin, generasi muda Indonesia harus melanjutkan mimpi Buya Syafii untuk mewujudkan Indonesia yang bermartabat.

"Beliau sosok yang bersahaja, negarawan yang berintegritas. Kita semua generasi muda harus melanjutkan perjuangan dan mimpi-mimpi beliau untuk menjadikan bangsa Indonesia bangsa yang bermartabat, banyak yang mementingkan kesejahteraan warganya,” kata Cak Imin dalam siaran pers, Jumat (27/5/2022).

Baca juga: Muhadjir Kenang Buya Syafii Maarif: Beliau Selalu Blak-blakan Membela Saat Melihat Ketidakadilan

Menurut Cak Imin, Buya Syafii adalah salah satu dari sedikit putra bangsa yang konsisten memberi sumbangsih pemikiran dan tenaga untuk kepentingan bangsa hingga ujung usianya.

Wakil ketua DPR itu mengatakan, meski Buya Syafii sudah berusia senja, pemikirannya untuk perbaikan kondisi bangsa menjadi salah satu rujukan utama masyarakat.

"Semua orang menyaksikan betapa luar biasanya apa yang beliau perbuat untuk bangsa ini, baik ketika menjadi ketua umum PP Muhammadiyah, termasuk ketika sudah tidak menjabat," kata Cak Imin.

"Beliau tidak pernah memikirkan dirinya sendiri, tapi yang dipikirkan adalah kepentingan bangsa dan masyarakat luas," imbuh dia.

Baca juga: Mengenang Kedekatan Buya Syafii dan Jokowi, Sang Guru Bangsa yang Didengar Presiden

Diberitakan, Syafii wafat di RS PKU Muhammadiyah, Gamping, Sleman, Jumat, setelah berjuang melawan serangan jantung.

Menurut rencana, jenazah Buya Syafii akan dimakamkan di Pemakaman Husnul Khotimah, Kulonprogo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.