Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cak Imin: Buya Syafii Maarif Sosok Bersahaja, Negarawan yang Berintegritas

Kompas.com - 27/05/2022, 15:07 WIB
Ardito Ramadhan,
Bagus Santosa

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengenang mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif sebagai sosok yang bersahaja dan negarawan berintegritas.

Menurut Cak Imin, sapaan Muhaimin, generasi muda Indonesia harus melanjutkan mimpi Buya Syafii untuk mewujudkan Indonesia yang bermartabat.

"Beliau sosok yang bersahaja, negarawan yang berintegritas. Kita semua generasi muda harus melanjutkan perjuangan dan mimpi-mimpi beliau untuk menjadikan bangsa Indonesia bangsa yang bermartabat, banyak yang mementingkan kesejahteraan warganya,” kata Cak Imin dalam siaran pers, Jumat (27/5/2022).

Baca juga: Muhadjir Kenang Buya Syafii Maarif: Beliau Selalu Blak-blakan Membela Saat Melihat Ketidakadilan

Menurut Cak Imin, Buya Syafii adalah salah satu dari sedikit putra bangsa yang konsisten memberi sumbangsih pemikiran dan tenaga untuk kepentingan bangsa hingga ujung usianya.

Wakil ketua DPR itu mengatakan, meski Buya Syafii sudah berusia senja, pemikirannya untuk perbaikan kondisi bangsa menjadi salah satu rujukan utama masyarakat.

"Semua orang menyaksikan betapa luar biasanya apa yang beliau perbuat untuk bangsa ini, baik ketika menjadi ketua umum PP Muhammadiyah, termasuk ketika sudah tidak menjabat," kata Cak Imin.

"Beliau tidak pernah memikirkan dirinya sendiri, tapi yang dipikirkan adalah kepentingan bangsa dan masyarakat luas," imbuh dia.

Baca juga: Mengenang Kedekatan Buya Syafii dan Jokowi, Sang Guru Bangsa yang Didengar Presiden

Diberitakan, Syafii wafat di RS PKU Muhammadiyah, Gamping, Sleman, Jumat, setelah berjuang melawan serangan jantung.

Menurut rencana, jenazah Buya Syafii akan dimakamkan di Pemakaman Husnul Khotimah, Kulonprogo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com