Pemerintah Berencana Tambah 10 "Rest Area" di Tol Rute Jakarta-Semarang untuk Fasilitasi Pemudik

Kompas.com - 24/05/2022, 17:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana menambah 10 rest area atau tempat istirahat di jalan tol, utamanya yang digunakan sebagai jalur mudik.

Penambahan rest area dinilai penting untuk memfasilitasi pemudik yang sedang dalam perjalanan menuju ke kampung halaman.

Rencana penambahan rest area ini mengemuka dalam rapat terbatas (ratas) tentang evaluasi mudik 2022 yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan dihadiri para menteri di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (24/5/2022).

"Secara detail kita akan minta pada developer untuk menyediakan paling tidak 10 rest area dengan satu kualifikasi kuantitas dan kualitas yang lebih baik dari sekarang," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi usai ratas, Selasa.

Baca juga: Menhub: Angka Kecelakaan Mudik Lebaran 2022 Turun 40 Persen

Budi mengusulkan supaya pembangunan 10 rest area diprioritaskan di sejumlah titik di jalan tol rute Jakarta-Semarang.

Menurut pantauan Menhub, masih terdapat banyak lahan kosong di jalur tol Jakarta-Semarang yang bisa dimanfaatkan untuk pembangunan rest area.

"Kalau itu dilakukan pembebasan (lahan) pasti memberikan keuntungan bagi developer. Itu nanti akan menjadi satu properti yang menguntungkan secara integrated terhadap jalan tol," ujarnya.

Baca juga: 6 Poin Evaluasi Kemenhub soal One Way dan Ganjil Genap di Tol Selama Mudik

Budi mengatakan, dalam jangka pendek, 10 rest area itu memang tidak akan memberikan return atau keuntungan.

Oleh karenanya, dia mengusulkan ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar digunakan mekanisme land bank atau bank tanah dalam rencana pembagunan ini.

"Kalau developer tidak mau, kita bisa berikan kepada swasta untuk investasi di situ. 10 hektare, 10 titik rest area itu saat dijumlah 100 hektare yang tidak banyak, dan itu sangat menolong karena di situlah tempat saudara-saudara kita untuk melakukan istirahat," ucap Budi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.