Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menag: Layanan Haji di Saudi Sudah Siap

Kompas.com - 23/05/2022, 18:29 WIB
Mutia Fauzia,
Icha Rastika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan, layanan jemaah haji sudah siap. Ia menyampaikan hal tersebut setelah melakukan lawatan selama lima hari di Arab Saudi.

Ia pun mengatakan, kesiapan layanan tersebut meliputi akomodasi, transportasi, katering, hingga layanan kesehatan.

"Saya sudah cek semua layanan di Saudi, baik akomodasi, transportasi, katering, serta layanan kesehatan, dan alhamdulillah semua siap," ujar Menag Yaqut setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (23/5/2022).

Baca juga: Info Haji 2022: Kuota, Biaya, hingga Jadwal Keberangkatan

Untuk itu, ia meminta jemaah haji tahun ini untuk menjaga kesehatan jelang keberangkatan haji.

Sebab, pada musim haji mendatang, jemaah akan dihadapkan pada cuaca ekstrem, yakni kondisi cuaca yang sangat panas bahkan bisa mencapai 50 derajat celcius.

"Saya perlu sampaikan, di Saudi sedang musim panas. Jadi kemarin kami ke sana, itu temperatur kurang lebih 40-44 derajat celcius," ujar dia.

"Menurut informasi yang saya terima di Saudi, itu belum di masa puncak. Nanti di saat pelaksanaan ibadah hingga puncak haji diperkirakan bisa mencapai 50 derajat celcius," kata dia.

Menag berharap, jemaah mulai mempersiapkan diri dengan kondisi tersebut, salah satunya dengan memperhatikan asupan gizi dan kondisi kesehatan jelang keberangkatan.

Baca juga: Menag Minta Jemaah Haji Jaga Kondisi Fisik Hadapi Cuaca Ekstrem di Mekkah dan Madinah

Dengan demikian, ia berharap semua jemaah haji Indonesia memiliki kesiapan fisik yang prima untuk melaksanakan ibadah haji.

"Setidaknya untuk melaksanakan semua proses ibadah dari awal sampai akhir. Itu pesan saya. Persiapkan fisik sebaik-baiknya dan mental tentu saja," ucap Yaqut.

Ia juga menyarankan kepada jemaah untuk memperdalam manasik haji serta melakukan persiapan fisik.

"Dalam masa tunggu ini sampai nanti jemaah haji diberangkatkan, persiapan ini penting untuk dilakukan. Jangan meremehkan situasi apa pun. Jaga kesehatan, banyak minum saat di sana agar tidak dehidrasi," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com