Kompas.com - 12/05/2022, 16:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berharap para atlet mendapatkan pembinaan jangka panjang dengan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan.

Ia mengatakan, hal tersebut harus dilakukan agar Indonesia mampu meraih peringkat kelima pada ajang Olimpiade dan Paralimpiade pada 2044.

"Agar dapat meraih peringkat kelima pada ajang Olympic Games (Olimpiade) dan Paralympic Games (Paralimpiade) pada 2044 nanti, ini targetnya," kata Ma'ruf dalam pembukaan rapat Pleno Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Istana Wapres, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022).

Baca juga: Bakal Dihadiri Wapres, 962 Personel Polisi Siap Amankan Perayaan Waisak di Candi Borobudur

Ma'ruf mengatakan, sebagaimana amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021, DBON dilakukan untuk merancang ulang ekosistem olahraga nasional dan tata kelola pembinaan atlet sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam mendukung para atlet.

Ia mengatakan, penyelenggaraan DBON tidak hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), namun, kementerian/lembaga, pemerintah daerah, organisasi keolahragaan serta masyarakat.

"Untuk itu saya minta peta jalan ini segera diumumkan, ini pak menteri olahraga, secara komprehensif dan dirumuskan secara komprehensif, agar bisa menjadi panduan seluruh pihak yang terkait," ujarnya.

Baca juga: Wapres: Bali Aman, Wisatawan Tak Perlu Khawatir Covid-19

Lebih lanjut, Maruf juga mengingatkan, Kemenpora dan organisasi keolahragaan untuk mematuhi aturan organisasi olahraga dunia agar tak ada lagi pemberian sanksi bagi para atlet Tanah Air saat berlaga di ajang internasional.

"Saya meminta kita semua memetik perlajaran yang berharga ini dan saling mengingatkan terutama kementerian pemuda dan olahraga memperkuat koordinasi dengan berbagai organisasi olahraga Indonesia," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.