Kompas.com - 10/05/2022, 17:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menutup Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2022, Selasa (10/5/2022).

Dalam acara penutupan ini, Budi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua instansi yang terlibat dalam mengelola arus mudik dan balik.

Baca juga: Usai Mudik Oli Mobil Berkurang Drastis, Wajar?

 

Dia juga berterima kasih kepada para pemudik.

Secara umum, Budi mengatakan, arus mudik dan balik pada tahun ini, berjalan aman serta lancar.

"Bahwa terdapat beberapa kekurangan, menurut hemat kita, semuanya wajib kita lakukan suatu evaluasi dan evaluasi itu saya sudah menugaskan Kepala Badan Kebijakan Transportasi untuk melakukan penelitian," kata Budi dalam konferensi pers virtual yang disiarkan akun resmi YouTube Kementerian Perhubungan, Selasa.

Budi juga meminta supaya evaluasi sejenis juga dilakukan oleh kepala-kepala badan, direktur utama BUMN, dan para direktur jenderal kementeria.

"Sehingga kita mampu membuat suatu terobosan pada masa-masa yang akan datang," kata dia.

Baca juga: Epidemiolog: PPKM Tak Diperlukan Lagi, Mudik Kemarin Saja Sudah Melanggar PPKM

Budi juga mengapresiasi Presiden RI Joko Widodo yang dianggapnya sangat intensif dalam memberikan arahan demi kelancaran arus mudik dan balik tahun ini.

Menurutnya, ada berbagai hal positif yang dapat menjadi sorotan pada mudik kali ini.

Di antaranya, soal turunnya volume lalu lintas, euforia masyarakat untuk mudik menggunakan jalan tol di Jawa dan Sumatera, serta menurunnya angka pemudik menggunakan sepeda motor.

"Oleh karenanya saya berterima kasih kepada pemudik yang tidak menggunakan motor karena memang sangat berbahaya," kata Budi.

Baca juga: AP I Layani 194,519 Penumpang Saat Puncak Arus Mudik, Terbanyak dari Bandara Juanda

Meskipun posko ini ditutup, namun Budi memastikan bahwa kegiatan pemantauan lalu lintas di lapangan tidak ditutup serta-merta.

"Mengingat perjalanan balik dari saudara-saudara kita di laut, darat, dan kereta api masih berlangsung," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.