Spesifikasi Pesawat Garuda yang Antar Jokowi ke AS, Bercorak Merah-Putih dengan Lambang Presiden

Kompas.com - 10/05/2022, 15:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo bertolak ke Amerika Serikat (AS) untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-AS, Selasa (10/5/2022).

Pada kunjungan kerjanya kali ini, Jokowi tak menggunakan pesawat kepresidenan, melainkan mencarter pesawat Garuda Indonesia tipe Boeing 777-300ER.

Tak hanya sekali ini saja, pesawat Garuda Indonesia tipe yang sama juga digunakan Jokowi untuk bertolak ke Roma, Italia, dalam rangka menghadiri KTT G20, Oktober 2021 lalu.

Pesawat ini juga dipakai Jokowi ketika melanjutkan perjalanan ke Skotlandia dan Uni Emirat Arab selepas menghadiri KTT G20.

Baca juga: Alasan Jokowi Carter Garuda untuk Kunjungan ke AS, Tak Pakai Pesawat Kepresidenan

Lantas, seperti apa spesifikasi pesawat Garuda yang membawa Jokowi dan rombongan terbang ke AS itu?

Spesifikasi pesawat

Pesawat Garuda Indonesia jenis Boeing B777-300ER yang mengantarkan presiden dan rombongan dilengkapi dengan livery atau corak khusus kenegaraan.

Badan pesawat dominan warna putih, dikombinasikan dengan corak berupa garis berwarna merah.

Pada badan pesawat tertulis "Republik Indonesia" yang diapit gambar burung Garuda di sisi kanan tulisan dan bendera Merah Putih di sebelah kiri.

Baca juga: Berangkat ke AS, Jokowi Akan Bertemu CEO Besar, Kemala Harris, hingga Joe Biden

Selanjutnya, di bagian kanan pintu pesawat terdapat lambang Kepresidenan RI berupa bintang, padi, dan kapas berwarna kuning. Lalu, di sisi kiri pintu pesawat tertera tulisan "Garuda Indonesia".

Sebagaimana diberitakan Kompas.com Februari 2008, Boeing 777-300ER merupakan satu dari enam model pesawat bermesin ganda keluarga 777 yang telah dirilis Boeing.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.