Kompas.com - 10/05/2022, 13:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah saat ini menyiapkan dua maskapai untuk memberangkatkan dan memulangkan jemaah haji yang berhak ke Tanah Suci pada tahun ini.

Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab mengatakan, pihaknya tengah memfinalisasi proses kontrak kerja sama dengan maskapai-maskapai tersebut.

Dua maskapai itu adalah Garuda Indonesia dan Saudia Airlines.

“Proses koordinasi intensif dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Gugus Tugas Pencegahan Covid-19, dan pemerintah daerah juga terus dilakukan dalam proses persiapan penyelenggaraan haji tahun ini,” kata Mujab dalam keterangan tertulis, Senin (9/5/2022).

Diperkirakan, para jemaah haji yang berhak ke Arab Saudi tahun ini diberangkatkan melalui 236 penerbangan.

Baca juga: Serba-serbi Haji 2022, Nama Jemaah Dirilis, hingga Fasilitas yang Diperoleh

Sementara itu, secara total, ada 92.825 jemaah haji reguler yang berhak berangkat tahun ini. Nama-nama yang telah terverifikasi dapat diakses langsung lewat laman haji.kemenag.go.id.

Selebihnya, terdapat 7.226 kuota haji khusus yang juga akan diberangkatkan, sehingga total kuota haji yang diberikan pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia sebanyak 100.051 orang.

Mujab mengatakan, para jemaah haji Indonesia akan dibagi ke dalam 241 kloter, dengan pemberangkatan kloter pertama dijadwalkan pada 4 Juni 2022.

Direktur Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Hilman Latief, mengatakan bahwa kuota haji Indonesia tahun ini berkurang dari kuota normal.

“Sehingga tentu saja ada jemaah yang sudah melunasi pada tahun 2020 tapi belum bisa berangkat tahun ini,” kata dia, kemarin.

Baca juga: Daftar Fasilitas Jemaah Haji 2022 Ketika di Arab Saudi, Berikut Rinciannya

“Saya berharap semua saling memberi semangat. Jemaah yang berangkat memberi semangat kepada yang belum berangkat dan mendoakan semoga segera mendapat giliran. Demikian juga jemaah yang belum berangkat, memberi semangat pada mereka yang akan berangkat tahun ini dan mendoakan semoga sehat dan mendapat haji mabrur,” ujar Hliman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.