Kompas.com - 08/05/2022, 11:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menyampaikan sejumlah imbauan kepada para pemudik yang akan kembali supaya menghindari puncak arus balik yang diperkirakan akan terjadi pada hari ini, Minggu (8/5/2022).

Sebab pekan depan para pemudik yang bermukim di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) bakal mulai masuk kerja setelah menjalani cuti bersama di masa libur Lebaran atau Idul Fitri 2022.

Pemerintah menerbitkan beberapa kebijakan guna mengurangi kemacetan akibat arus balik mudik Lebaran pada akhir pekan ini. Pertama adalah menambah masa libur sekolah selama tiga hari, yang semula 9 Mei 2022 menjadi 12 Mei 2022.

Baca juga: Masih Ada 1,2 Juta Kendaraan Belum Kembali ke Jabodetabek, Puncak Arus Balik Lebaran Hari Ini

Kemudian, pemerintah menerapkan sistem rekayasa lalu lintas one way dari Km 420 Gerbang Tol Banyumanik, Jawa Tengah, hingga Km 03+500 Gerbang Tol Halim.

Menunda pulang

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta para pemudik yang akan kembali ke perantauan untuk menunda perjalanan mereka pada Sabtu (7/5/2022) kemarin atau hari ini. Sebab dikhawatirkan akan terjadi penumpukan arus balik yang bisa memicu kemacetan panjang.

"Kalau bisa ditunda hari Senin. Sekali lagi ditunda hari Senin atau hari Selasa karena bagi yang kerja, para pekerja ajukan cuti, yang kedua anak-anak kita di Jabodetabek boleh libur," kata Budi saat memantau arus balik Lebaran di Pelabuhan Panjang, Lampung, disiarkan Kompas TV, Sabtu (7/5/2022) kemarin.

Budi mengatakan, penundaan perjalanan harus dilakukan agar tak menyita waktu para pemudik serta memperhatikan aspek keselamatan para pemudik.

"Pak Presiden juga balik setelah tanggal 8, jadi tolong diulangi persiapan balik setelah tanggal 8," ujar Budi.

Baca juga: Antisipasi Macet saat Arus Balik, Polri Perpanjang One Way di Jalan Tol

Menurut Budi, arus balik pemudik telah dimulai sejak Kamis (5/5/2022) lalu. Hal itu ditandai dengan dimulainya rekayasa arus lalu lintas satu arah atau one way yang dilakukan aparat kepolisian.

Oleh karena itu, Budi menyatakan berkoordinasi dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo guna mengantisipasi membludaknya volume kendaraan. Salah satu imbauan yang diberikan yakni agar para pemudik tidak kembali pada hari ini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.