Kompas.com - 06/05/2022, 09:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sempat meneteskan air mata saat mengenang sosok ulama KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen di sela-sela kunjungannya ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Anwar, Rembang, Kamis (5/5/2022) kemarin.

Dalam kunjungan itu, Prabowo sempat masuk ke kamar Mbah Moen ditemani oleh pimpinan Ponpes Al-Anwar yang juga putra Mbah Moen, Muhammad Najih Maimoen alias Gus Najih.

"Pak Prabowo sempat meneteskan air mata saat berdoa di kamar. Saya bertanya kenapa? Lantas Pak Prabowo menjawab, saya menganggap Mbah Moen seperti ayah saya sendiri," kata Gus Najih, dikutip dari siaran pers.

Baca juga: Kiai Maimoen Zubair Wafat, PBNU: Indonesia Kehilangan Tokoh Panutan

Di kamar tersebut, Prabowo dan Gus Najih sempat mendirikan shalat, dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Gus Najih yang diamini oleh Prabowo.

Pada saat itulah Prabowo terharu mengingat kenangannya bersama almarhum Mbah Maimoen yang wafat pada tahun 2019 lalu.

Menteri Pertahanan itu pun mengingat pesan-pesan yang pernah disampaikan oleh Mbah Maimoen kepadanya, salah satunya tentang komitmen memperjuangkan rakyat kecil.

"Pesan beliau selalu tertanam di benak saya, 'Mas Prabowo harus selalu bela rakyat, mas Prabowo harus selalu bela rakyat kecil'," ujar Prabowo.

Prabowo pun menyatakan terima kasih kepada keluarga Mbah Moen yang telah menyambutnya dengan ramah.

Baca juga: Kunjungi Ponpes di Rembang, Prabowo Akui Dekat dengan Keluarga Mbah Moen

 

Ia disuguhi lontong dan opor buatan Nyai Hj Henny Mariam Syafa'ati, istri Mbah Moen.

"Ya saya juga terimakasih sudah diterima oleh keluarga Mbah Moen, sangat ramah, ini adalah momentum suasana lebaran dengan sahabat-sahabat lama yang sudah saya nantikan," ujar Prabowo.

Sebelum berkunjung ke Ponpes Al-Anwar, sejak Hari Raya Idul Fitri pada Senin (2/5/2022) lalu, Prabowo telah melakukan silaturahmi dengan sejumlah tokoh antara lain Presiden Joko Widodo, Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, serta mengunjungi makam Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.