Kompas.com - 04/05/2022, 20:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Taman Wisata Alam Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, ramai dikunjungi wisatawan sejak hari pertama libur Idul Fitri, Senin (2/5/2022). Arus pengunjung disebut masih terus meningkat hingga hari ini, Rabu (4/5/2022).

"Hari H Lebaran itu sekitar 1.200 pengunjung, lalu H+1 2.200. Hari ini, kelihatan orangnya lebih ramai daripada kemarin," kata Manager of Finance TWA Mangrove PIK, Irma Meinar, ketika ditemui Kompas.com, Rabu sore.

"Terpantau tadi siang saja sudah 1.700, tapi hari ini dari pagi hingga sore lumayan banyak. Kalau kemarin pagi saja yang lebih ramai," lanjutnya.

Baca juga: Mangrove Mageloo di Sikka, Pilihan Wisata Saat Libur Lebaran di NTT

Irma menambahkan, para wisatawan kini rata-rata mengincar wisata air yang ditawarkan di taman wisata ini, yaitu paddling atau kayak dan menyusuri kawasan mangrove dengan perahu.

"Di belakang juga ada Cafe Jiro, tempatnya bagus, dikelilingi mangrove. Kafenya di atas air, orang-orang senang di situ foto-foto," lanjutnya.

Pantauan Kompas.com, Rabu sore, tidak satu pun spot wisata yang sepi pelancong di TWA Mangrove PIK.

Selain ke kafe, kebanyakan pengunjung berjalan-jalan menyusuri jembatan bambu ke arah laut lepas atau ke menara pengamatan burung.

Para pengunjung terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari pasangan muda-mudi, remaja, dan keluarga yang hendak menghabiskan waktu luang serta mengincar panorama matahari terbenam.

Namun, sayang, Rabu sore cuaca mendung dan gerimis sesekali berhamburan dari langit.

"Tadinya iya mau cari sunset, makanya baru datang tadi sekitar jam 16.30. Soalnya ngapain juga kan datang siang-siang kan panas, memang ke sini mau foto-foto sunset," ujar Larissa (24), pengunjung dari bilangan Sunter, yang datang bersama dua teman perempuannya.

Baca juga: Jaga Kelestarian Hutan Mangrove, Masyarakat di Pulau Kaledupa Wakatobi Gunakan Hukum Adat

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.