Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Terapkan "Contraflow" di Tol Jagorawi Arah Sukabumi Pagi Ini

Kompas.com - 04/05/2022, 08:58 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasa Marga memberlakukan contraflow (lawan arus) di ruas tol Jagorawi arah Ciawi pagi ini, Rabu (4/5/2022) mulai pukul 06.30 WIB.

Tepatnya, atas diskresi kepolisian, contraflow diberlakukan untuk mengurai lalu lintas menuju Ciawi/Puncak dan Sukabumi.

"Pemberlakuan contraflow dimulai 4 Mei 2022 pukul 06.30 WIB pada Km 44+500 sampai dengan 46+500 khusus kendaraan yang akan menuju Simpang Ciawi/Sukabumi," kata General Manager Representatif Office 1 Regional Jasamarga Metropolitan Tollroad Tri Wahyu Subekti dalam keterangannya, Rabu.

Baca juga: Puncak Arus Balik 6-8 Mei, Warga agar Atur Kepulangan dan Perhatikan 2 Titik Utama Kepadatan

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, Jasamarga Metropolitan Tollroad telah memasang rambu-rambu dan menempatkan petugas pengaturan lalu lintas di lokasi contraflow.

Tri menambahkan, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan.

"Dengan memastikan kondisi kendaraan siap jalan, kondisi pengemudi yang prima, memperhatikan kecukupan BBM dan uang elektroniknya untuk kenyamanan perjalanan," ucapnya.

Selain itu, pengguna jalan tol juga diimbau memperbarui informasi lalu lintas dengan mengakses kanal resmi milik Jasa Marga.

Baca juga: Tol Serang-Panimbang Diserbu Wisatawan Asal Jabodetabek, Lonjakan Kendaraan Diprediksi Terjadi hingga H+6 Lebaran

Adapun kanal resmi itu melalui aplikasi Travoy 3.0, Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080.

Sebagai informasi, sejumlah rekayasa lalu lintas terus diterapkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jasa Marga, dan kepolisian di lapangan.

Hal ini dalam rangka penyelenggaraan mudik dan balik Lebaran 2022.

Perlu diketahui, puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada Jumat (6/5/2022) hingga Minggu (8/5/2022).

Baca juga: 4 Rute Alternatif Jakarta-Bandung Saat One Way Arus Balik 6-8 Mei, Lengkap

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengimbau masyarakat yang sedang berada di kampung halaman untuk pulang ke daerah asal lebih awal sebelum puncak arus balik.

"Saya ingin mengingatkan bahwa pemerintah memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada 6, 7, dan 8 Mei 2022," ujar Jokowi, dikutip dari video yang diunggah melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (3/5/2022).

"Untuk menghindari kepadatan arus balik dan agar kita semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak Bapak, Ibu, saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com