Kompas.com - 03/05/2022, 13:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian memberlakukan sistem one way atau satu arah untuk kendaraan dari kawasan Puncak, Bogor, menuju Jakarta.

Hal tersebut diberlakukan mulai pukul 12.00 WIB.

Sebelumnya, one way diberlakukan dari arah sebaliknya, yaitu dari Jakarta menuju kawasan Puncak.

"Nanti dalam waktu jam 12.00 WIB ini kita segera akan mainkan pola one way ke arah bawah untuk melakukan pengurasan arus," kata Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Pranata dalam tayangan wawancara Kompas TV, Selasa (3/5/2022).

Baca juga: 17.000 Wisatawan Tumplak di Lembang, Polisi Berlakukan Rekayasa One Way 8 Kali

Dicky mengungkapkan, pemberlakuan one way ke arah Jakarta ini dilakukan karena kepolisian mempertimbangkan kondisi situasi terkini di kawasan Puncak.

Menurutnya, kepolisian tidak bisa serta-merta menerapkan one way tanpa berkaca pada peningkatan arus kendaraan di sebuah kawasan.

"Ya, jadi memang betul kita mainkan pola one way sendiri, kita lakukan secara situasional, melihat perkembangan arus seperti apa. Jadi tidak bisa serta-merta terpatok waktu, tapi sesuai prediksi kami," jelas dia.

Lebih lanjut, Dicky membeberkan bahwa hingga pukul 12.00 WIB, total kendaraan yang masuk ke kawasan Puncak Bogor sudah mencapai 21.000.

Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah hingga sore hari.

"Siang hari ini 21.000, mungkin sampai sore bisa berkisar di 30.000-an," ucap Dicky.

Baca juga: Catat, 5 Jalur Alternatif bagi Wisatawan Hindari Kemacetan di Puncak Bogor Saat Libur Lebaran

Sebelumnya diberitakan, polisi memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Selasa pagi.

Sistem satu arah menuju Puncak itu difokuskan untuk mengantisipasi kepadatan arus kendaraan wisatawan di sepanjang Jalur Puncak Bogor.

"Saat ini sedang proses one way arah Puncak," kata KBO Lantas Polres Bogor Iptu Ketut Lasswarjana saat dihubungi Kompas.com, Selasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.